1. HOME
  2. DIGITAL
INTERNET

Lebih Doyan Unduh Dibanding Unggah, Orang Indonesia Kurang Kreatif

Menkominfo Rudiantara mengungkapkan bahwa rasio download dan upload pengguna Indonesia masih rendah.

By Adhi 1 Maret 2016 15:55
Menkominfo Rudiantara (Kominfo.go.id)

Money.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memaparkan hasil riset Open Signal per Februari 2016 mengenai posisi Indonesia dengan negara lain dalam konteks perilaku pengguna internet,

"Amerika unduhnya rata-rata 7,6MB, paling tinggi Jepang 10,48MB. Indonesia rata-rata unduhnya 5,4MB tapi unggahnya cuma 1,8MB," ungkap Rudiantara.

Menurutnya, kondisi ini menunjukkan bahwa jaringan broadband internet di Indonesia tergolong cukup baik. Meski layanan broadband Indonesia belum sebagus Singapura, namun kondisi itu baik-baik saja.

Hanya saja, ke depannya, pria yang akrab disapa Chief RA ini menginginkan para pengguna internet Indonesia untuk lebih kreatif lagi.

"Rasio antara unduh dan unggah di Indonesia relatif paling rendah, hanya sepertiga, artinya orang Indonesia lebih senang download (unduh) daripada upload (unggah), yang bisa diindikasikan kreativitas orang Indonesia kurang," jelasnya seperti dikutip darilam laman resmi Kominfo.go.id, Selasa 1 Maret 2016.

Sementara jika dicermati data antarkota di Indonesia, Menkominfo melihat masih ada ketimpangan yang cukup signifikan antara Jakarta dan luar Jakarta.

"Data untuk Jakarta download (unduh) 7MB, Jawa secara keseluruhan 3,5MB, kemudian Kalimantan 2MB, Sumatera di atas 2MB, Bali 1,5MB. Jangan dibandingkan dengan Maluku ataupun Papua yang hitungannya masih ratus kilobyte, belum 1 megabyte," tegasnya.

Ia menyatakan bahwa ketimpangan tersebut yang harus segera diperhatikan oleh Indonesia untuk memastikan bahwa ekosistem digital tidak hanya bertumpu di Jakarta.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section