1. HOME
  2. DIGITAL
INTERNET

Layanan Streaming Musik Diklaim Bikin Musisi Sejahtera

Spotify memberikan 70 persen keuntungan kepada pemilik hak cipta, baik label maupun musisi.

By Adhi 31 Maret 2016 14:25
Ilustrasi (onedeo.com)

Money.id - Spotify mengklaim jika keberadaannya memberikan dukungan penuh bagi para musisi di seluruh dunia, khususnya terkait urusan royalti.

Menurut Director of Comms Asia Pacific (APAC) Spotify, Jim Butcher, pembagian royalti yang diberikan pihaknya dirasa sangat menguntungkan para musisi. Hal ini dibuktikan oleh data para label musik asal Eropa yang memperlihatkan bahwa penghasilan utama mereka kini berasal dari lini musik digital.

"Sejak diluncurkan pertama kali di Swedia tahun 2008, Spotify sudah memberikan lebih dari US$3 miliar kepada para pemilik hak cipta," kata Butcher seperti dikutip dari laman Merdeka.com.

Dirinya juga menerangkan, pembagian hasil yang terapkan oleh Spotify adalah 70-30. 70 persen diberikan kepada pihak pemegang hak cipta (label dan musisi), sementara sisanya, 30 persen untuk Spotify.

"70 persen diberikan kepada label, artis, serta pihak lain pemilik hak cipta. Intinya, kami akan memberikan dukungan penuh bagi musisi di dunia," singkat dia.

Saat ini, Spotify sudah tersedia di 59 pasar di seluruh dunia dengan lebih dari 75 juta pengguna aktif dan lebih dari 30 juta pelanggan berbayar. Di Indonesia, hadirnya Spotify bekerja sama dengan Indosat Ooredoo.

Selamatkan Industri Musik

Sejak internet dikenal, pendapatan industri musik dari kepingan CD akhirnya beralih ke jumlah unduhan musik.

Namun, konsep menjual musik melalui sistem unduhan pun hanya bertahan sesaat. Tren publik dalam mengonsumsi musik kini telah berubah mengarah kepada layanan streaming musik.

Menurut laporan Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA), di sepanjang 2015 kemarin, pendapatan industri musik justru lebih banyak berasal dari layanan streaming musik.

Secara spesifik, aktivitas layanan streaming musik terhadap industri di tahun 2015 berkontribusi sebesar US$2,4 miliar dari total pendapatan yang mencapai US$7 miliar. Jika dikalkulasikan ke dalam persentase, maka layanan streaming musik menyumbang sekitar 34,3 persen.

Selain itu, keberadaan layanan streaming musik seperti Spotify diyakini sebagai solusi ampuh melawan pembajakan.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section