1. HOME
  2. DIGITAL

Layanan 4G LTE XL Segera Hadir di Jakarta dan Bandung

Sebetulnya, layanan 4G LTE XL di Jakarta dan Bandung sudah tersedia sejak tahun lalu, namun kurang optimal.

By Adhi 16 Oktober 2015 19:35
Dirut XL DIan Siswarini bersama Menkominfo Rudiantara

Money.id - Pada acara Ulang tahun ke-19 XL yang berlangsung hari ini, Jumat, 16 Oktober 2015, Dirut XL Dian Siswarini menegaskan bahwa layanan 4G LTE perusahaannya akan segera hadir di Jakarta dan Bandung.

Ia mengatakan, "4G LTE XL komersil di jaringan 1800 MHz sudah ada di Lombok, Bali, Surabaya. Selanjutnya kami akan melakukan peluncuran di Bandung sekitar awal November."

Sementara untuk Jakarta, Dian menjelaskan, "Kami masih menunggu infrastruktur di Jakarta selesai dulu baru bisa melakukan peluncuran. Paling tidak sampai akhir tahun."

Lebih jauh Dian memaparkan bahwa pihaknya memang sengaja tidak akan meluncurkan jaringan 4G LTE di seluruh Indonesia. Sebab, sejauh ini pengguna perangkat 4G LTE belum merata di Indonesia.

Sebetulnya, layanan 4G LTE XL di Jakarta dan Bandung sudah tersedia sejak tahun lalu. Namun, frekuensi yang dipakai saat itu adalah 900 MHz yang dinilai kurang optimal.

"Saat ini refarming frekuensi 1.800 MHz sudah masuk Jawa Barat dan ditarget rampung akhir Oktober ini. Dengan begitu, 4G di 1.800 MHz sudah bisa tersedia," ungkapnya.

Frekuensi 1.800 MHz sendiri sebelumnya dipakai untuk layanan telekomunikasi 2G. Demi menggelar layanan 4G di frekuensi itu, pemerintah meminta operator untuk melakukan penataan (refarming) di frekuensi 1.800 MHz sejak awal 2015 silam.

Laporan: Nur Chandra Laksana

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section