1. HOME
  2. DIGITAL
4G LTE

Kuota 4G Anda Boros? Mungkin Ini Penyebabnya

Belum baiknya proses adaptasi dengan kecepatan di jaringan 4G membuat kuota jauh lebih boros.

By Nur Chandra Laksana 3 Juni 2016 15:02
Vice President Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo

Money.id - Masih banyak orang beranggapan penggunaan jaringan 4G lebih boros dibandingkan dengan 3G atau 3,5G. Dan itu menyebabkan mereka membeli paket internet lebih sering dibanding sebelumnya.

Namun Vice President Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo beranggapan hal tersebut terjadi karena konsumen masih belum memahami jaringan 4G dengan baik.

"Kan kecepatan jaringan 4G LTE dengan jaringan 3G, 3,5G, dan lainnya berbeda lumayan jauh. Nah, perubahan ini yang masih belum sepenuhnya diadaptasi oleh para pengguna," kata Munir di acara peluncuran Andromax E2+ dan Andromax A.

Munir menjelaskan, untuk Smartfen, jaringan 4G LTE Advance bisa mencapai kecepatan 300Mbps. Sedangkan jaringan 3,5G hanya memiliki kecepatan maksimal 14,4Mbps, yang berarti meningkat hampir 30 kali lipat.

"Misalnya saja kalau lagi streaming YouTube, kalau pakai jaringan lama kan baru masuk beberapa saat, yang ter-buffer paling baru sepertiga total video. Kalau memakai jaringan 4G, baru beberapa saat saja bisa jadi sudah terbuffer 100 persen," ujar Munir.

"Jadi, kalau misalnya di jaringan 4G nonton YouTube beberapa saat saja sudah bosan, ganti yang baru lagi kan jadi boros," ucap Munir. "Ini yang harus dipahami oleh pelanggan." (poy)

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section