1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Kucurkan Rp259 triliun, Obama Tingkatkan Kekuatan Cyber Security

Langkah ini dilakukan guna melindungi data-data rakyat Amerika

By Nur Chandra Laksana 10 Februari 2016 12:05
Presiden Barack Obama (thenextweb.com)

Money.id - Pemerintahan Barack Obama memang tinggal sebentar lagi. Namun, Presiden Amerika ke-44, ini masih memiliki beberapa agenda lagi yang ingin beliau laksanakan selama masih menjabat menjadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam.

Salah satu yang baru-baru ini dicanangkan Obama adalah sebuah proposal keuangan untuk meningkatkan Cyber Security (keamanan cyber), seperti dilansir dari laman The Next Web. Tak tanggung-tanggung, Presiden Obama menggelontorkan dana hingga US$19 miliar atau sekitar Rp259 triliun.

Bagi Obama, saat ini ancaman bisa datang dari mana saja, mulai dari China hingga ke Timur Tengah. Dan mungkin juga ancaman itu bisa datang dari halaman rumah sendiri.

Perencanaan dana ini juga ternyata diluar pengadaan dana sebesar US$3,1 miliar atau sekitar Rp42 triliun yang dicanangkan khusus untuk mengamankan data yang ada di pemerintahan Amerika. Dengan peningkanan ini dipercaya dapat memperbaiki sistem yang ada.

Jika serangan tersebut berhasil dilakukan, sekurang-kurangnya para peretas bisa dengan bebas mengambil sekitar 21,5 juta nomor sekuritas sosial warga Amerika. Selain itu, data lainnya seperti identitas dan informasi sensitif lainnya juga ikut terancam.

Untuk sementara ini, Gedung Putih sudah mulai mencari orang yang tepat untuk mengemban tugas sebagai Kepala Keamanan Informasi, yang nantinya memberikan fokus yang lebih baik untuk segala program pemerintah.

Baca Juga

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section