1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Kontrol Penggunaan Data Aplikasi Berjalan dengan Opera Max

Dengan memasang aplikasi ini anda bisa menghemat penggunaan data.

By Nur Chandra Laksana 21 Februari 2016 17:18
Opera Max (opera.com)

Money.id - Jika berpikir bahwa paket data hanya terpakai saat Anda menggunakan aplikasi yang terhubung dengan internet, misalnya membuka Facebook, WhatsApp, bermain game online, dan sebagainya, maka Anda salah. Ternyata, banyak aplikasi yang berjalan di belakang yang tetap menggunakan data.

Memang, tidak setiap aplikasi yang berjalan di belakang menggunakan layanan data Anda setiap saat.

Beberapa aplikasi yang memang menggunakan data saat berjalan di belakang adalah permainan online, aplikasi Facebook, dan beberapa aplikasi lainnya.

Yang lebih menakutkan lagi, jika ternyata ada sebuah malware terpasang di ponsel Anda. Aplikasi malware ini menggunakan data yang lebih banyak jika dibandingkan dengan aplikasi lain saat berjalan di belakang, yang ujung-ujungnya merugikan Anda.

Namun kini ada solusinya. Dilansir dari laman Ubergizmo, Minggu 21 Februari 2016, Opera Max kini hadir dengan kemampuan yang baru, yakni dapat memantau data yang digunakan oleh aplikasi yang berjalan di belakang.

Aplikasi ini juga dapat melaporkan seberapa banyak data yang dipakai saat Anda tidak menyadarinya.

Laporannya pun termasuk detail, dimulai dengan aplikasi apa yang menggunakan data saat berjalan di belakang hingga berapa yang dipergunakan.

Selain itu, Anda bisa memberikan limit per minggu hingga 10MB per bulannya. Jika sebuah aplikasi telah menyentuh angka itu sebelum waktunya, maka Opera Max akan memberitahukan Anda. Baterai Anda juga akan jauh lebih hemat.

Jika menginginkan Opera Max terpasang di ponsel pintar Anda, silakan mengunduhnya di sini. Selamat berhemat! (poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section