1. HOME
  2. DIGITAL
SCIENCE

Komputer Super Canggih, Bisa Prediksi Kematian

Diagnosis komputer tersebut mendahului diagnosis para dokter, dengan tingkat akurasi mencapai 96 persen.

By Stella Maris 23 September 2015 17:23
dr Steve Horng sedang memeriksa pasien (Youtube).

Money.id - Kemajuan teknologi membuat semua menjadi mungkin. Salah satunya keberadaan komputer super yang dapat memprediksi waktu kematian Anda.

Sejauh ini, para peneliti di Boston melihat bahwa komputer super itu memiliki tingkat akurasi mencapai 96 persen.

"Kami bisa memprediksi ketika pasien harus menghadapi probalitias tinggi atau sekarat. Jika komputer mengatakan Anda akan mati, mungkin Anda akan mati dalam 30 hari ke depan," kata ketua peneliti, dr Steve Horng.

Steve menjelaskan, dengan prediksi tersebut, dokter lebih cepat mengetahui penyakit. Hal itu memungkinkan pula pemberian obat dengan segera, hingga muncul peluang menyelamatkan nyawa pasien.

"Kami bisa membandingkan pasien lain dengan kondisi sama dan memprediksi diagnosis di masa depan," kata Horng seperti dikutip laman Dailymail, baru-baru ini.

Lalu bagimana cara kerjanya?

Komputer super tersebut memiliki kemampuan mengumpulan 250 ribu data pasien dalam 30 tahun terakhir. Dalam waktu tiga menit, komputer kemudian memeriksa pasien, mulai dari kadar oksigen dan tekanan darah.

Kemudian dokter memeriksa riwayat singkat dari yang terjadi di masa lalu dan sedang terjadi saat ini, serta muncullah prediksi dari sistem komputer itu. (ita)

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section