1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Pesan Penting di Balik Kartun 'Dumb Ways To Die'

Dumb ways to die telah mempengaruhi 127 juta orang baik di Australia maupun di berbagai negara.

By Azalia Amadea 23 November 2015 12:54
Karakter Dumb Ways to Die (Foto: play.google.com)

Money.id - 'Dumb ways to die' yang artinya cara-cara bodoh untuk mati, akan membuat kita mengerutkan dahi ketika mengetahui bahwa ini merupakan judul game anak-anak.

Mungkin Anda juga akan lebih heran lagi ketika anak-anak tersebut menyayikan lagu dari game ini.

"Dumb ways to die so many dumb ways to die, disturb a nest of wasps for no good reason, stand on the edge of a train station platform" itulah sepenggal lirik dari lagu "dumb ways to die" yang ditulis oleh John Mescall musisi band The Cat Empire.

Di balik judul dan lirik lagunya yang seram, ternyata game kartun "dumb ways to die" ini memiliki pesan penting tersendiri.

Awalnya kartun ini dibuat oleh Metro Trains di Melbourne, Australia pada 16 November 2012 sebagai kampanye yang dibuat dalam bentuk iklan layanan masyarakat.

Iklan ini dipublikasikan melalui video lagu yang sudah ditonton oleh 100 juta orang dan melalui media sosial. Dalam dua minggu kemunculan kampanye ini telah mendapatkan keuntungan $50 juta.

"Tujuan utama dari kampanye ini adalah untuk mengubah perilaku khususnya anak muda agar tidak mengambil risiko 'bodoh' atau tidak aman saat menggunakan transportasi umum khususnya kereta. Kami menyuguhkan konten yang segar, dengan bahasa yang mudah agar mudah diterima" kata General Manager Corporate Relations, Metro Trains, Leah Waymark seperti yang dilansir dalam laman heraldsun.com. Kampanye ini disebarluaskan melalui koran-koran, radio lokal, dan media sosial.

Pada Mei 2013 "game dumb ways to die" yang dibuat oleh Julian Frost dan Samuel Baird, versi pertamanya telah merajai urutan pertama di 22 negara termasuk di Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Australia. Lebih dari 103 juta orang yang men-download game tersebut.

November 2014 versi kedua dari game ini telah dirilis dan mendulang kesuksesan. Versi kedua ini juga merajai urutan pertama di 83 negara. Dalam waktu tiga bulan hampir 4 miliar orang bermain game tersebut.

"Dumb ways to die" telah mendapatkan berbagai penghargaan the most awarded campaign in the history of Cannes pada tahun 2013.

Tahun ini McCann agency mendapat penghargaan the top ranked Australian Agency in the World Advertising Research Centre’s dan menempati rangking ke-6 agency di seluruh dunia.

Kampanye video lagu dan game "dumb ways to die" telah mempengaruhi 127 juta jiwa baik di Australia sendiri dan di berbagai negara yang menyatakan bahwa mereka akan lebih hati-hati saat sedang berada di sekitar lintasan kereta api, seperti dilansir dalam situs mccann.com.au. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section