1. HOME
  2. DIGITAL

Jokowi Dukung Penuh Kompetisi Pembuatan Aplikasi Nasional

Kompetisi Hackathon Merdeka akan digelar guna mencari para programmer IT Tanah Air yang bisa membantu menyelesaikan masalah data kependudukan.

By Adhi 17 Oktober 2015 18:17
Presiden Jokowi beserta perwakilan dari Code4Nation (Facebook)

Money.id - Pelaksanaan kompetisi pembuatan aplikasi nasional, Hackathon Merdeka, telah menarik antusiasme masyarakat dan komunitas IT. Dalam penutupan registrasi hari ini, Sabtu, 17 Oktober 2015, beberapa kota telah menerima pendaftaran yang lebih banyak dari kuota.

Pada 24-25 Oktober nanti, kompetisi Hackathon Merdeka akan digelar guna mencari para programmer IT Tanah Air yang bisa membantu menyelesaikan masalah data kependudukan. Menurut situs Hackathon Merdeka, acara yang diadakan untuk mengisi semangat Sumpah Pemuda ini akan diadakan serentak di 28 kota di Indonesia, di antaranya adalah Banda Aceh, Toba, Medan, Belitung, Balikpapan, Palembang. Ada pula di Tangerang, Bogor, Bandung, Malang, Jogja, Semarang, Surabaya. Kali ini, Code4Nation bekerja sama dengan Telkom Indonesia sebagai partner nasional.

Dalam kesempatan Hackhathon Merdeka 1.0 Agustus 2015 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi acara yang dibuat kawan-kawan forum TI ini. Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga mengajak kementerian terkait untuk mendevelop aplikasi para jagoan TI di Hackathon Merdeka 1.0.

Para programmer atau developer di daerah-daerah itu dihadapkan dengan sejumlah masalah- masalah kependudukan tanah air, seperti: KTP, BPJS, Akta Kelahiran, Warga Miskin/Dhuafa, anak putus sekolah, anak berprestasi/berpotensi, antrian rumah sakit, pencarian kerja dan pengangguran. Hackathon Merdeka 2.0 diharap mampu mematangkan sinergi antara Pemerintah, Komunitas TI dan industri startup. Selain itu, Code4Nation juga berharap acara ini menjadi titik awal bagi masyarakat (komunitas TI) untuk berkontribusi lebih banyak kepada negeri.

Yang juga membanggakan, ternyata angka pendaftaran Hackathon Merdeka ini nyaris melampaui jumlah peserta Hackathon terbesar di dunia yang melibatkan 1,214 peserta pada tahun 2013 yang diselenggarakan di AS. Dapatkah Indonesia menjadi pemecah rekor penyelenggaraan Hackathon terbesar di dunia di tahun 2015 ini?

Para panitia Hackathon yang terdiri dari relawan TI di seluruh Indonesia yakin bahwa Indonesia tidak kekurangan talenta TI dan bahwa mereka berpotensi untuk memanfaatkan skill mereka untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di tanah air. Yang dibutuhkan adalah sebuah wadah di mana mereka dapat menunjukkan talenta mereka dan penyambutan kontribusi tersebut dari pemerintah dan sektor swasta.

Hackathon Merdeka merupakan sebuah inisiatif dari Code4Nation.org sebagai salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi guna memecahkan permasalahan bangsa. Code4nation.org diharapkan dapat menjadi pemersatu ahli-ahli TI Indonesia sehingga semakin banyak talenta di Indonesia yang peduli dan berkontribusi bagi Negara. 

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section