1. HOME
  2. DIGITAL
GOOGLE

Google Akan 'Lenyapkan' SMS

Dengan sistem Rich Communication Service (RCS), mengirim pesan akan jauh lebih menyenangkan.

By Nur Chandra Laksana 26 Februari 2016 08:08
Ilsutrasi mengetik SMS (wikimedia.com)

Money.id - Seiring berkembangnya teknologi berbasis internet, layanan seperti Short Message Service (SMS) sudah mulai ditinggalkan oleh banyak orang. Kondisi ini membuat Google tergerak untuk menciptakan suatu inovasi baru.

Dilansir dari laman Tech Times, Kamis 25 Februari 2016, Google ternyata memiliki teknologi standar baru dalam mengirimkan pesan singkat dari perangkat Andorid, yakni teknologi Rich Communication Service (RCS). Nantinya, teknologi RCS ini akan menggantikan peranan SMS dalam perangkat Android.

"Kami menandai hari ini sebagai sebuah langkah penting dalam mengirimkan pesan untuk semua pengguna Android di mana saja, dan kami akan menggandeng operator di seluruh dunia untuk membuat ini menjadi kenyataan," Sebut Wakil Ketua Komunikasi di bidang Produk Google, Nix Fox.

Ya, seperti yang dikatakan oleh Nix, Google tidak akan sendirian dalam menangani pemindahan sistem dari SMS ke RCS ini. Hal ini dikarenakan RCS memiliki kemampuan yang melebihi SMS dan juga MMS.

Beberapa keunggulan RCS antara lain adalah kemampuan untuk mengirim gambar kualitas HD, mengirim rekaman suara, dan juga mendukung video call.

Untuk memulai langkahnya, Google sudah menyiapkan strategi sendiri. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menggandeng GSM Association (GSMA), yang menaungi sekitar 800 operator dan lebih dari 250 perusahaan.

Untuk sementara ini, beberapa perusahaan telekomunikasi seperti America Movil, Bharti Airtel Ltd, Deutsche Telekom, Globe Telecom, Sprint, dan Vodafone sudah menyatakan ketertarikan mereka.

Namun, bagi sebagian orang peluncuran RCS ini dinilai agak terlambat. Pasalnya, aplikasi chatting seperti Line, WhatsApp, dan Facebook Messenger yang sudah lebih banyak digunakan juga memiliki fitur yang sama.

Kendati demikian, GSMA tetap percaya bahwa proyek ini memiliki daya saing yang cukup kuat, mengingat ini akan menjadi standar baru dalam bidang SMS.

Terlebih lagi, perangkat Android kini sudah tersebar hampir di seluruh dunia. Hal ini akan membuat perjuangan Google akan jauh lebih mudah. (dhi/ita)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section