1. HOME
  2. DIGITAL
ISIS

ISIS Terbukti Sebarkan Buku Panduan Jihad Digital

Dalam buku 'panduan' ini terdapat berbagai tips terkait apa yang harus dilakukan seorang militan untuk bisa melancarkan sebuah serangan.

By Adhi 18 Januari 2016 16:40
Kelompok ISIS (Wikipedia)

Money.id - Selain menciptakan aplikasi pesan instan (chatting), ternyata kelompok militan ISIS dilaporkan juga menyebarkan buku panduan jihad digital di dunia maya. Namun, tak sembarang orang bisa mengakses buku "sakti" tersebut, hanya para anggota ISIS saja yang diberikan akses untuk melihat dan mengunduhnya di internet.

Menurut informasi yang dimuat laman Telegraph, Senin 18 Januari 2016, buku yang wajib dimiliki oleh seluruh anggota ISIS di berbagai penjuru dunia itu bertajuk 'Panduan Keselamatan Keamanan Bagi Pelaku Tunggal Mujahidin dan Jaringan Kecil'. Buku ini juga diketahui ditulis dalam bahasa Inggris.

Menurut kelompok ahli keamanan internet yang berhasil menemukan salinan buku ini, buku panduan jihad tersebut merupakan versi sadura dari buku berbahasa Arab yang sebelumnya juga digunakan oleh kelompok al-Qaeda. Al-Qaeda dan ISIS sendiri awalnya merupakan satu organisasi. Akan tetapi, keduanya berpisah pada 2014 silam.

Baca juga: ISIS Ternyata Punya Aplikasi Chatting Sendiri

Dalam buku 'panduan' ini terdapat berbagai tips terkait apa yang harus dilakukan seorang militan untuk bisa melancarkan sebuah serangan. Mulai dari saran menentukan target serangan, hingga saran berpenampilan.

Dijelaskan bahwa seorang mujahidin yang ingin melakukan serangan diimbau untuk "tidak terlihat seperti orang muslim." Mereka harus mencukur jenggot dan berpakaian seperti kaum liberal agar mudah melebur dengan lingkungan sekitar.

"Selalu terlihat seperti seorang turis atau wisatawan normal. Pakai warna yang serasi. Memakai kaos berwarna merah atau kuning dengan celana akan membuat anda lebih diperhatikan sebagai seseorang yang tidak biasa berpakaian seperti ini. Selain itu, tidak perlu membeli pakaian baru karena hal ini mencurigakan," demikian petikan isi dari buku milik ISIS tersebut.

Di dalam buku tersebut terdapat pula satu bagian terkait cara memproduksi bom yang isinya sempat tersebar luas di internet. Bagian itu bertajuk 'Cara Membuat bom di dapur ibu Anda', dimana di dalamnya diterangkan langkah-langkah membuat bom dengan mudah menggunakan bahan baku material yang mudah ditemukan sehari-hari.

Meskipun tidak ada keterangan jelas bagaimana cara ISIS melakukan penyebarluasan buku panduan ini, namun kelompok hacker Ghost Security Group meyakini bahwa buku ini bebas beredar di ranah 'dark web'.

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section