1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

iOS 9, Sistem Operasi Mobile Generasi Terbaru Apple

Ada beberapa perangkat yang bisa melakukan update ke iOS 9. Apa saja?

By Ita Malau 23 September 2015 10:21
Smartphone keluaran Apple (Pixabay)

Money.id - Sistem operasi mobile generasi terbaru iOS 9 mulai kini telah tersedia bagi para perangkat besutan Apple di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

iOS 9 sebetulnya sudah diperkenalkan Apple pada publik di gelaran Worldwide Developers Conference yang berlangsung Juni 2015 lalu. Namun, waktu peluncurannya saat ini memang sengaja disandingkan tepat bersama tersedianya iPhone 6S dan 6S Plus di pasaran.

Apple mengklaim piranti lunak anyarnya ini memiliki performa 1,5 kali lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya, iOS 8. Ukuran file iOS 9 juga  jauh lebih kecil dari versi iOS lainnya, yaitu hanya 1,3 GB.

Beragam perbaikan kecil dan besar dihadirkan Apple di iOS 9. Laman 9to5mac merangkum sejumlah kemampuan dan fitur baru yang ditawarkan oleh iOS seperti fitur pencarian Spotlight yang lebih baik, upgrade kemampuan Siri, Aplikasi News baru, perbaikan pada aplikasi Notes, hingga kemampuan multitasking.

Menariknya lagi, iOS 9 juga memiliki fitur penghemat daya baterai canggih. Saat daya baterai tersisa 20%, perangkat akan secara otomatis menonaktifkan aplikasi dan fitur-fitur yang tidak penting seperti update aplikasi otomatis dan push email.

Update iOS 9

Hampir seluruh perangkat Apple, mulai dari yang lawas sampai yang terbaru bakal kebagian iOS 9.

Berikut adalah daftar perangkat yang dilaporkan laman Apple Insider bisa melakukan update ke iOS 9:

1. iPhone 4s
2. iPhone 5
3. iPhone 5c
4. iPhone 5s
5. iPod touch generasi 5
6. iPad 2
7. iPad dengan layar Retina
8. iPad Air
9. iPad mini
10. iPad mini dengan layar Retina

Cara update ke iOS 9

Bagi Anda yang ingin melakukan upgrade ke iOS 9, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan. Namun, patut diingat bahwa mungkin saat ini jutaan orang di seluruh dunia sedang mencoba untuk mendapatkan update perangkat lunak terbaru ini. Mak jangan heran jika proses upgrade ini akan  lamban.

Pertama, masuk ke menu Settings > General > Software Updates



Kedua, akan muncul pemberitahuan ketersediaan update iOS 9. Anda pun bisa langsung mengunduhnya.

(AM)

(im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section