1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Ini Dia Dampak Negatif Menggunakan Tablet Sebelum Tidur

Ternyata menggunakan tablet sebelum tidur dapat menyebabkan...

By Nur Chandra Laksana 4 April 2016 13:10
Ilustrasi Menggunakan Tablet

Money.id - Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, mayoritas orang di dunia kini lebih memilih menggunakan tablet mereka untuk membaca sebuah buku elektronik jika dibandingkan dengan membaca buku fisik. Namun, dibalik penggunaan tersebut, ternyata membaca di perangkat tablet memiliki dampak negatif.

Dilansir dari laman HNGN, Senin 4 April 2016, sekelompok ilmuan dari Universitas Bergen penasaran dengan efek negatif yang ditimbulkan. Untuk itu, mereka melakukan serangkaian percobaan guna meneliti efek apa yang ditimbulkan jika seseorang menggunakan tablet sebelum tidur.

Dari penelitian yang diterbitkan pada Journal Sleep Medicine, diketahui bahwa penggunaan tablet berdampak negatif pada kualitas tidur penggunanya. Terlebih lagi, proses terjadinya efek ini cukup cepat, dalam penggunaan selama 30 menit dapat meningkatkan gangguan tidur yang sangat tinggi.

Penelitian ini melibatkan sekitar 16 siswa yang sebelumnya tidak mempunyai gangguan tidur. Kemudian, para subjek tes ini diuji dengan membaca buku fisik dan buku elektronik yang terdapat pada sebuah tablet.

Setelah beberapa kali percobaan, para siswa yang membaca buku fisik tidak mengalami perubahan apa pun. Namun, setelah diganti ke perangkat tablet, gangguan tidur ini mulai menghinggapi mereka.

Gangguan tidur yang mereka alami bisa diketahui berkat alat polisomnografi. Alat ini sering digunakan para peneliti untuk mendeteksi gangguan tidur. Berkat penelitian ini pula lah, para ilmuwan mengetahui bahwa siswa yang membaca buku fisik lebih mudah mengantuk dan siswa yang membaca buku elektronik di tablet akan sulit tidur.

 

Baca JUga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section