1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTPHONE

Ini Dia Cara Mudah Setop Kecanduan Smartphone

Cerahnya warna layar smartphone juga menjadi faktor utama yang menggoda kita untuk terus melihat ke layar.

By Adhi 15 Juni 2016 06:22
Ilustrasi pengguna smartphone (blog.evercoss.com)

Money.id - Apakah Anda kecanduan smartphone? Berapa kali Anda membuka atau mengecek smartphone dalam satu jam? Jika lebih dari lima (5) kali, artinya Anda sudah kecanduan. Tapi tenang, ada cara simpel untuk menghentikannya.

Pertama-tama, kita perlu tahu terlebih dulu mengapa kita sangat gemar melihat layar smartphone? Notifikasi media sosial, bermain game, atau sekedar mencari infromasi terkini mungkin menjadi alasan utama.

Namun, tahukah Anda jika cerahnya warna layar smartphone juga menjadi faktor utama yang menggoda kita untuk terus melihat ke layar?

Ya, warna merah adalah warna yang paling mampu menarik perhatian, memaksa kita untuk berhenti melakukan semua kegiatan hanya untuk melihat warna tersebut. 

Contoh sederhananya adalah lampu lalu lintas atau lampu toko di pinggir jalan. Hampir semuanya pasti mengandung warna merah menyala. Hal tersebut tentunya dimaksudkan untuk menarik perhatian pelanggan.

Celakanya, warna merah adalah warna yang paling dominan muncul di layar smarthone kita.

Nah, agar mata Anda tidak "gatal" ingin terus melihat ke layar smartphone, salah satu yang dapat dilakukan adalah mengubah warna latarnya menjadi hitam putih (atau abu-abu), alias 'greyscale'.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara mengubah layar smartphone jadi greyscale?

Bagi pemilik iPhone, Anda hanya perlu masuk ke menu 'Settings' --> 'General' --> 'Accessibility' --> 'Greyscale', dan selesai. Layar iPhone Anda akan langsung berubah ke modus hitam puting.

Sementara untuk smartphone Android berbeda, ada vendor yang menyisipkan aplikasi pengatur warna layar seperti Asus, namun ada juga yang tidak.

Bagi yang tidak, Anda harus masuk ke menu 'Settings', lalu masuk ke opsi 'About Phone'. Lalu ketuk bagian 'Build Number' beberapa kali agar mendapat izin Developer.

Bila notifikasi 'Developer' sudah muncul, kembali ke 'Settings', dan di bagian bawah Anda akan melihat opsi 'Developer Options', dan masuk.

Di bagian 'Hardware Accelerated Rendering' pilihlah menu 'Stimulate Color Space', lalu 'Monochromacy'. Selesai!

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section