1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Ini Dia 10 Tips Menjaga Keamanan Smartphone Android

Selalu ada cara untuk mengatur sistem keamanan di ponsel android Anda.

By Nur Chandra Laksana 17 Mei 2016 18:49
Ilustrasi smartphone Android (neurogadget.com)

Money.id - Smartphone atau tablet berbasis Android yang semakin canggih ternyata menyimpan risiko besar. Semua kegiatan, baik urusan pekerjaan maupun kehidupan pribadi dan sosial, tersimpan di dalamnya.

Dilansir dari laman Blibli.com, di balik fungsinya yang komplit, ada banyak celah yang memungkinkan data pribadi (termasuk foto dan video) atau data yang berhubungkan dengan pekerjaan jatuh ke tangan yang salah. Bahkan teman saya pernah bercerita bahwa akunnya dibajak dan diubah identitasnya secara tidak bertanggung jawab saat smartphone Android miliknya hilang.

Tapi jangan cemas, Friends. Selalu ada cara untuk mengatur sistem keamanan di perangkat Androidmu agar isinya tidak mudah dibobol. Ini dia 10 langkah mudah untuk menjaga keamanan smartphone dan tablet Android milikmu.

Mengunci layar

Ini adalah cara yang paling mendasar untuk mengamankan smartphone dan tablet kamu, terutama ketika jatuh ke tangan yang salah. Tentunya kamu harus memanfaatkan beberapa pilihan mode screen lock yang sulit dipecahkan, misalnya menggunakan PIN, pattern, password, atau yang belakangan sering ditawarkan oleh produsen smartphone, yakni sensor sidik jari.

Selalu kunci aplikasi dan media kamu

Jika ada aplikasi yang menurut kamu penting dan tidak ingin dibuka oleh orang lain, contohnya email atau media sosial seperti Facebook, Kamu bisa menggunakan aplikasi pengunci seperti App Lock. Jangan lupa juga untuk melakukan hal yang sama pada media atau gallery yang memuat foto serta video pribadi Kamu.

Update terus OS dan aplikasi kamu

Pastikan kamu selalu menggunakan sistem operasi ter-update yang disediakan oleh produsen smartphone-mu. Jangan menunda-nunda. Hal ini juga berlaku untuk setiap aplikasi yang telah Kamu install di smartphone.

Untuk informasinya selengkapnya, silahkan menuju laman Blibli.com dengan mengkliknya di sini.

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section