1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Tips Jitu Rekam Video Bagus dengan Kamera Ponsel

Dengan melakukan hal ini, pengalaman menonton video Anda akan jauh lebih baik

By Nur Chandra Laksana 19 Januari 2016 12:05
Ilustrasi mengambil video (androidpit.com)

Money.id - Belakangan ini, ponsel pintar semakin banyak digunakan oleh orang untuk merekam video. Hal ini diimbangi pula oleh produsen dengan membenamkan berbagai teknologi mutakhir pada produk mereka.

Untuk urusan resolusi, misalnya. Produsen bahkan ada yang menciptakan ponsel pintar dengan resolusi hingga 4K. Nah, ada tips bagaimana memaksimalkan kemampuan kamera ponsel Anda untuk menghasilkan video yang ciamik.

Money.id merangkum beberapa tips yang bisa Anda praktikkan dengan mudah, seperti berikut:

1. Rekam video dalam posisi horizontal

Mengapa horizontal? Karena memang video itu seharusnya ditonton secara horizontal.

Jika Anda mengambil video dalam keadaan vertikal, video yang dihasilkan tidak bagus. Saat video itu Anda putar di layar laptop atau TV, akan ada dua garis hitam tebal di sebelah kiri dan kanan. Menggangu bukan?

Jadi mulai sekarang coba ambil video secara horizontal demi kenyamanan menonton nantinya.

2. Gunakan tripod atau berimprovisasi

Salah satu hal yang mengganggu dalam menonton sebuah video adalah gamabr yang goyang. Meski beberapa smartphone dibekali image stabilization, namun Anda tetap disarankan memakai tripod.

Jika tidak memiliki tripod, Anda bisa berimprovisasi dengan barang yang ada di sekitar Anda. Jika hanya ingin mengambil gambar di dalam ruangan, Anda bisa memanfaatkan jepitan jemuran loh untuk menstabilkan gambar.

3. Perhatikan posisi cahaya

Salah satu kekurangan ponsel pintar dalam mengambil video adalah saat kurangnya cahaya. Memang, sebagian besar ponsel zaman sekarang sudah dilengkapi lampu kilat. Namun, di banyak keadaan, cahaya kilat ini tidak banyak membantu.

Jadi, mulailah perhatikan pencahayaan. Jika Anda di dalam ruangan, Anda bisa merekam video di dekat jendela. Bukalah gorden yang menghalangi cahaya masuk.

4. Cek kapasitas memori

Sebelum menggambil gambar, hal yang pertama kali anda harus lakukan adalah mengecek sisa memori ponsel pintar Anda. Ini sepele, tapi penting.

Sebab, merekam video itu membutuhkan memori yang besar. Untuk mengambil video 1080p 60 FPS, Anda kira-kira memerlukan kira-kira 200MB per menitnya.

5. Edit video

Setelah anda mengambil video, ada satu langkah lagi yang harus Anda lakukan untuk menghasilkan karya yang tak kalah mumpuni, yakni editing.

Anda bisa mengunduh aplikasi edit video dari smartphone Anda. Biasanya, ada menu untuk menambah tulisan, filter, hingga memotong klip.

Namun, untuk hasil maksimal komputer tetap pilihan terbaik. Di luar sana, banyak aplikasi gratisan maupun yang berbayar untuk mengedit foto anda untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lebih baik. (ita)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section