1. HOME
  2. DIGITAL
BISNIS

Indonesia Berpotensi Jadi Pasar Data Center Terbesar di Dunia

Melalui PP No. 82 Tahun 2012, pemerintah mewajibkan penyedia layanan elektronik untuk menjalankan data center di Indonesia.

By Adhi 23 Februari 2016 09:32
Data center milik Facebook (kbnd.com)

Money.id - DatacenterDynamics (DCD) mengemukakan bahwa Indonesia sebagai salah satu pasar data center yang masih relatif muda apabila dibandingkan dengan pasar di negara lainnya. Namun begitu, berkat besarnya populasi teknologi dan layanan internet di Indonesia, pasar Indonesia diyakini dapat menjelma menjadi salah satu pasar data center yang potensial di dunia.

"Data terbaru kami menyebutkan bahwa data center, layanan outsourcing, dan investasi cloud di Indonesia akan mengalami pertumbuhan hingga menyentuh dua digit, sehingga membuatnya menjadi salah satu pasar dengan pertumbuhan terbesar di dunia," ujar Vincent Liew, APAC General Manager untuk DCD Group.

Ia menegaskan, "Kami meramalkan bahwa industri data center di Indonesia akan terus tumbuh pesat hingga menyentuh angka US$ 280 juta di 2016 ini."

Peningkatan industri data center di Indonesia tersebut adalah berkat Peraturan Pemerintah (PP) No. 82 Tahun 2012 yang mengatur tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik. Dimana dalam PP tersebut menyebutkan bahwa penyedia layanan elektronik diwajibkan untuk menjalankan data center dan disaster recovery di wilayah Indonesia.

Hal tersebut tentu akan mengakibatkan permintaan data center dalam skala besar.

"Akibatnya kini semakin banyak perusahaan yang mempertimbangkan outsourcing dalam rangka mengatasi tantangan, termasuk tantangan capital expenditure (Capex), waktu, keterbatasan tenaga kerja ahli, dan yang terpenting untuk tetap fokus pada inti bisnis mereka," ujar Vincent. 

Kondisi tersebut telah mendorong menjamurnya penyedia data center dan cloud baru, termasuk pengembangan yang dilakukan TelkomSigma dan Multipolar dalam beberapa tahun terakhir. Dalam rangka membantu industri memecahkan segala problematika seperti yang telah dibahas sebelumnya, operator global terkemuka seperti NTT Communications kini mulai memanfaatkan kesempatan tersebut dengan melakukan sinergi dengan sejumlah mitra lokal.

"Data center merupakan fasilitas yang amat sangat penting, serta memerlukan kualitas dan keandalan daripada SDM, proses, dan infrastruktur yang berada di belakangnya," ujar Alvin Siagian, Vice President of Sales and Marketing untuk NTT Indonesia Nexcenter.

Demi merangkul segala pertumbuhan dan inovasi yang terjadi dalam industri Data Center di Indonesia, dan menyediakan wawasan untuk melampaui tantangan yang akan datang; DCD mengumumkan bahwa acara 'The 5th DCD Converged Indonesia Conference and Expo' akan kembali hadir di Indonesia.

Dengan mendatangkan lebih dari 450 ahli di bidang IT, data center, dan bisnis data center, acara bertaraf internasional tersebut akan digelar pada 7 April mendatang di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section