1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTPHONE

Haruskah Kita Mematikan Smartphone Setiap Malam?

Banyak yang mengatakan bila malam sebelum tidur smartphone sebaiknya di-charge dan dimatikan. Benarkah?

By Nur Chandra Laksana 31 Agustus 2016 16:07
Ilustrasi (wired.com)

Money.id - Banyak pakar komputer menganjurkan pengguna PC untuk mematikan perangkatnya setiap hari, terutama di malam hari. Nah, apakah hal ini juga berlaku pada komputer mungil seperti smartphone?

Menurut pendiri iFixit, perusahaan penyedia layanan servis smartphone terkemuka, Kyle Weins, mematikan smartphone setiap hari, terutama di malam hari tidak perlu dilakukan.

Namun, bukankah banyak tukang servis atau counter hp yang menyatakan bila malam sebelum tidur smartphone sebaiknya di-charge dan dimatikan?

Dilansir laman Android Authority, anjuran tersebut faktanya hanyalah mitos belaka. Ya, alasan awal mengapa ahli IT menyarankan mematikan komputer di malam hari adalah untuk menghemat pemakaian listrik.

Tentu hal ini tidak berlaku pada smartphone yang mengandalkan baterai dan listrik kecil untuk mengisi dayanya.

Hanya perlu setahun sekali

Menurut para ahli di iFixit, mematikan smartphone cukup setahun sekali. Caranya bukan dengan menekan tombol on/off, namun membiarkan daya baterai habis hingga 0 persen.

Langkah ini sejatinya dimaksudkan untuk mengkalibrasi si baterai. Kalibrasi baterai diperlukan agar perhitungan daya baterai di smartphone lebih akurat setelah pemakaian jangka panjang. Ini artinya, jangan percaya imbauan mematikan smartphone setiap malam!

Baca juga:

 

(a/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section