1. HOME
  2. DIGITAL
HACKER

Hanya Dalam 2 Jam, Hacker Curi Rp175 Miliar dari ATM

Seluruh aksi pencurian mesin ATM itu diyakini hanya dilakukan oleh seorang hacker.

By Adhi 26 Mei 2016 09:09
Ilustrasi mesin ATM (techinsider.com)

Money.id - Makin canggih teknologi, maka makin canggih pula ancaman yang menintai. Baru-baru ini, kepolisian Jepang kebingungan karena telah terjadi sebuah kasus peretasan besar dengan kerugian miliaran yen.

Dilaporkan laman The Mainichi, tak kurang dari 1,4 miliar yen atau setara dengan Rp 174,89 miliar telah dicuri dari 1.400 mesin ATM yang berlokasi di toko swalayan di berbagai penjuru Jepang.

Yang membuat pihak otoritas terkejut adalah; seluruh aksi pencurian mesin ATM itu diyakini hanya dilakukan oleh seorang hacker dan dieksekusi dalam waktu sekitar 2 jam saja.

Polisi saat ini curiga bila hacker telah memalsukan kartu kredit yang datanya diambil dari peretasan bank Afrika Selatan. Oleh karena itu, kepolisian Jepang bekerjasama dengan pemerintah Afrika Selatan untuk mengatasi kasus yang diduga dilakukan jaringan hacker dan kriminal internasional.

Dari informasi yang ada, sekitar 100 orang dipercaya menggunakan 1.600 kartu kredit untuk mengambil uang di ATM tanggal 15 Mei lalu. Seratus orang tadi lantas berhasil melakukan 14.000 transaksi dalam waktu singkat dan membawa kabur uang miliaran rupiah.

Baca juga:

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section