1. HOME
  2. DIGITAL

Haji Lulung Jadi Meme Terpopuler Sepanjang 2015

Google juga merilis 3 kategori baru khusus untuk Indonesia pada tahun 2015, yaitu meme, mode dan kecantikan, serta bagaimana caranya (how to).

By Adhi 17 Desember 2015 15:38
Haji Lulung (merdeka.com/muhammad luthfi rahman)

Money.id - Google Indonesia merilis laporan 'Year in Search 2015', sebuah laporan yang berisi daftar kata kunci (keyword) dan topik pencarian paling populer di sepanjang tahun 2015.

Tren batu akik yang sempat melanda Tanah Air menjadi keyword terpopuler di mesin pencari Google Search untuk tahun 2015. Beberapa keyword lain seperti Go-Jek, kue cubit dan Olga Syahputra juga muncul sebagai yang terpopuler di Google.

Sementara untuk topik, kasus 'Pembekuan PSSI' menjadi yang terhangat untuk kategori nasional. Sedangkan peristiwa internasional yang terpopuler adalah 'Tragedi Mina'.

Baca juga: Tren Google di Indonesia: Batu Akik Hingga Kue Cubit

Selain keyword dan topik terpopuler, Google juga merilis 3 kategori baru khusus untuk Indonesia pada tahun 2015, yaitu meme, mode dan kecantikan, serta bagaimana caranya (how to).

Yang paling menarik, 'Haji' Lulung menjadi yang terpopuler di kategori meme. Di bawahnya disusul oleh meme 'Banjir Jakarta' dan meme 'Sudah Kuduga'.

Menurut penjelasan Google Indonesia, proses penentuan pencarian terpopuler tahun ini sedikit berbeda dengan mekanisme pencarian yang dilakukan tahun lalu. Di tahun ini, Google mengelompokkan pencarian terpopuler berdasarkan momen paling tinggi, bukan berdasarkan pencarian yang dilakukan oleh pengguna semata.

Mekanisme ini disebut Google sebagai Micro Moments, yang merupakan momentum di mana netizen benar-benar menganggap smartphone-nya seperti teman untuk bertanya apa pun sampai ke level pertanyaan paling mudah sekali pun. (ita)

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section