1. HOME
  2. DIGITAL
PILKADA SERENTAK 2015

H-5, Arek Suroboyo Paling Antusias Sambut #Pilkada2015

Twitter telah menjadi platform di mana masyarakat dan pelaku kampanye bertemu dan dapat dimanfaatkan sebagai tool of empowerment.

By Adhi 4 Desember 2015 14:27
(kpu.go.id)

Money.id - Jutaan pengguna Twitter Tanah Air menyambut Pilkada 2015 dan Twitter menjadi tempat bagi pemilih untuk ikut serta dalam wacana publik yang real time. Tingginya interaksi antara pengguna, kandidat serta lembaga lain yang terlibat tercermin pada jumlah percakapan #Pilkada2015 dengan lebih dari 450.000 tweet terkait dengan momen penting tersebut.

Menjelang #Pilkada2015, pengguna Twitter di Indonesia semakin terlibat satu sama lain. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku kampanye untuk terlibat dalam percakapan real time serta berinteraksi pada forum diskusi dalam menanggapi berbagai masukan langsung dari masyarakat.

Twitter telah menjadi platform di mana masyarakat dan pelaku kampanye bertemu dan dapat dimanfaatkan sebagai tool of empowerment bagi masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke untuk menyuarakan pendapat dan mengusung perubahan sosial positif.

Berdasarkan data Twitter, Surabaya menduduki urutan pertama sebagai kota yang paling banyak membicarakan #Pilkada2015 dan pasangan calon asal Tangerang selatan, Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie, menjadi pasangan calon yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

Proporsi sentimen positif juga secara signifikan lebih tinggi dari sentimen negatif. Hal ini menunjukan, bahwa pengguna Twitter telah menggunakan media sosial sebagai wadah diskusi positif pada momentum #Pilkada2015.

Berikut ini adalah 5 daerah dengan jumlah Tweet terbanyak yang terkait dengan #Pilkada2015.

Surabaya
Medan
Depok
Bandar Lampung
Tangerang Selatan

Sedangkan berikut ini adalah 5 pasangan calon yang paling banyak dibicarakan di Twitter selama dua minggu terakhir.

Airin Rachmi Diany — Benyamin Davnie, Tangerang Selatan
Tri Rismaharini — Whisnu Sakti Buana, Surabaya
H. Arsid — Elvier Ariadiannie Soedarto Poetri, Tangerang Selatan
Olly Dondokambey — Steven O.E. Kandouw, Sulawesi Utara
Ujang Iskandar — Jawawi, Kalimantan Tengah

Tidak hanya berbincang soal isu, banyak juga pengguna Twitter di Indonesia yang menyuarakan aspirasinya melalui tagar #KalauSayaKepalaDaerah, bercerita mengenai harapan terhadap pemimpin di daerahnya masing-masing.

Sekitar 30% dari total pemilih di Pemilu 2014, atau lebih dari 52 juta orang, merupakan pemilih pemula pada kelompok usia 18-23 tahun. Tidak mengherankan jika pada akhirnya partai politik dan politisi mulai melakukan kampanye digital dan menggunakan media sosial seperti Twitter agar dapat terhubung dan berkomunikasi langsung dengan pemilih pemula.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section