1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Kesuksesan Penjualan Kacamata Kardus Virtual Google

Google Cardboard juga digunakan para murid di sekolah, karena mampu menjelajahi 150 lokasi di seluruh dunia.

By Rizki Astuti 1 Februari 2016 08:39
Google Cardboard (developers.google.com)

Money.id - Bila Facebook membeli jutaan dolar untuk konsep inovasi Virtual Reality (VR) dari Oculus VR, Google justru membuat produk serupa dengan harga yang diklaim jauh lebih murah, karena memanfaatkan bahan karton yang dilipat dan handphone sebagai layarnya.

Adalah kacamata virtual bernama Google Cardboard. Dikutip laman Mashable, Senin 1 Februari 2016, Google berhasil menjual kacamata virtual itu sebanyak 5 juta unit sejak perangkat VR besutannya diperkenalkan pada Juli 2014.

Menurut Google, tidak hanya perangkat keras yang penjualannya fantastis, aplikasi untuk menjalankan Google Cardboard juga telah diunduh sebanyak 25 juta kali. Menariknya sekitar 10 juta orang telah mengunduh Google Cardboard antara Oktober dan Desember 2015.

Google menyimpulkan, minat terhadap teknologi VR telah melonjak tajam. Terkait pengunduhan itu, diketahui aplikasi game yang paling banyak dicari, karena penggunaan teknologi VR lebih banyak dinikmati para game VR.

(Google Cardboard-Mashable.com/Neilson Barnar)

Clavor Bavor, eksekutif Google bidang VR mengungkapkan, lebih dari 350 ribu jam video VR di Youtube disaksikan menggunakan Google Cardboard. Ini pertanda bahwa Youtube bisa menjadi distributor utama konten VR dalam beberapa bulan atau tahun mendatang.

Bukan hanya itu saja, kacamata virtual itu juga dimanfaatkan di dunia pendidikan sebagai pembelajaran. Dengan Google Cardboard, para siswa tak perlu lagi pergi ke lokasi geografi yang sedang dipelajari, karena mereka bisa menjelajahi 150 lokasi di seluruh dunia menggunakan Google Cardboard melalui proyek Google Expeditions.

Menurut Google, sekitar 500 ribu siswa diidentifikasi telah menggunakan layanan Google Expeditions ini. Itu artinya bukan tak mungkin proyek Expeditions bakal menarik lebih banyak pengguna muda.

Google juga mengungkapkan bahwa sejak perkenalan Cardboard Camera pada Desember tahun lalu, pengguna telah mengabadikan lebih dari 750.000 foto VR.

Jumlah penjualan perangkat dan unduhan aplikasi Google Cardboard ini benar-benar bisa dikatakan luar biasa. Padahal, Google Cardboard ini terlihat seperti gadget murahan yang ternyata mampu membukukan penjualan cukup tinggi. (els)

 

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section