1. HOME
  2. DIGITAL

Google Rilis Taksi Tanpa Pengemudi Tahun Depan?

Pengoperasian taksi tanpa pengemudi ini dibatasi di lokasi-lokasi tertentu seperti kampus dan pangkalan militer.

By Adhi 17 Desember 2015 17:51
Mobil Otonomos Google (google.com)

Money.id - Sudah bukan rahasia lagi, sejumlah perusahaan teknologi seperti Google dan Apple kini mulai merambah lini bisnis otomotif. Dan menurut kabar terkini yang beredar, Google bakal menjadi yang pertama merilis taksi tanpa pengemudi, alias mobil otonomos, di dunia.

Menurut informasi yang dilansir laman Bloomberg, Kamis 17 Desember 2015, mobil otonomos Google akan diluncurkan di bawah payung perusahaan induk dari Google, yakni Alphabet Inc.

Pengoperasian taksi tanpa pengemudi ini dibatasi di lokasi-lokasi tertentu seperti kampus, pangkalan militer, serta komlpleks perkantoran. Peluncurannya besar kemungkinan akan diresmikan pada 2016 mendatang.

Berdasarkan keteranga sumber terpecaya yang didapat Bloomberg, mobil otonomos Google sukses melakukan uji coba di sejumlah lokasi di Amerika Serikat (AS).

Meski sempat mengalami sejumlah kendala teknis, namun mobil otonomos Google diklaim telah berhasil melewati tes lebih dari 1,6 juta kilometer.

Wakil Presiden Gartner Inc, Thilo Koslowski, mengatakan bahwa potensi bisnis taksi tanpa pengemudi sangat besar. Tren ini diyakininya akan diadopsi oleh banyak industri.

"Taksi ini dapat memungkinkan konsumen untuk merasakan pengalaman memanfaatkan teknologi secara penuh. Ini bukan hanya tentang Google, tetapi seluruh industri terkait," katanya. (poy)

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section