1. HOME
  2. DIGITAL
GOOGLE

Google Maps Kini Bisa Diakses Secara Offline

Google kini menyediakan fitur Offline Areas di bagian menu.

By Nur Chandra Laksana 11 November 2015 14:00
Google Maps Offline (pcworld.com)

Money.id - Google menghadirkan kemampuan baru pada layanan Google Maps. Jika biasanya layanan peta digital tersebut harus diakses secara online, kini Google Maps bisa diakses secara offline, alias tanpa koneksi internet.

Langkah ini dilakukan Google sebagai bentuk apresiasi terhadapa daerah-daerah tertentu yang belum terjangkau jaringan internet. "Sekitar 60 persen wilayah dunia masih hidup tanpa internet. Bahkan meski beberapa wilayah tersedia akses internet tapi itu kadang masih buruk kualitasnya," kata Amanda Bishop, Product Manager Google Maps seperti dikutip dari blog resmi Google, Rabu 11 November 2015.

Untuk mendapatkan akses Google Maps offline, pengguna bisa mengunduh informasi lokasi yang diinginkan. Atau, Google pun kini menyediakan fitur Offline Areas di bagian menu. Di dalamnya sudah terdapat data peta beberapa wilayah yang dapat diunduh secara gratis.

"Saat menemukan koneksi kembali, Google Maps akan kembali ke mode online, termasuk kondisi lalu lintas dalam rute Anda saat itu," jelas Bishop.

Kemampuan Google Maps offline sendiri sejatinya sudah diperkenalkan pada gelaran konferensi Google I/O yang berlangsung Mei 2015 lalu.

Untuk sementara, Google Maps offline hanya akan tersedia di perangkat berbasis Android. Sementara pada sistem operasi iOS akan segera menyusul. (dhi)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(a/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section