1. HOME
  2. DIGITAL
GOOGLE DOODLE

Google Doodle Hormati Hidetsus Yagi, Sang Penemu Antena TV

Selain antena TV, Yagi juga menerapkan konsep antena besutannya untuk keperluan perangkat radio dan pemancar telekomunikasi.

By Adhi 28 Januari 2016 11:50
Google Doodle Hidetsus Yagi (google.com)

Money.id - Google kembali menampilkan animasi menarik di laman muka mesin pencarinya. Lewat Doodle yang ditampilkan hari ini, Kamis 28 Januari 2016, Google hari ulang tahun Hidetsus Yagi ke-130. Siapakah dia?

Mungkin tak banyak yang mengenalnya. Hidetsus Yagi yang juga dikenal dengan nama Hidesubs Yagi adalah orang yang menemukan antena TV. Berkat penemuannya, hingga kini bisa menikmati siaran televisi dengan jernih.

Selain antena TV, Yagi juga menerapkan konsep antena besutannya untuk keperluan perangkat radio dan pemancar telekomunikasi lainnya.

Menariknya, di animasi Google Doodle hari ini tampak Yagi tak sendirian. Ia ditemani oleh sosok laki-laki yang tak lain adalah Shintaro Uda. Ia adalah kolega Yagi yang membantu mengembangkan teknologi antena penguat sinyal gelombang elektromagnetik. Temuannya ini dipatenkan pada 1926.

Hidetsus Yagi lahir di Jepang pada 28 Januari 1886. Ia memang dikenal sebagai insinyur listrik kenamaan seantero Jepang. Namanya mulai dikenal dunia setelah ia merilis buku teori terkait teknologi antena dalam bahasa Inggris.

Pria yang juga mengajar sebagai dosen di Universitas Tohoku ini juga berhasil menyabet sejumlah penghargaan di bidan teknologi, seperti Blue Ribbon Award (1950), Order of Merrit Budaya (1956), serta Asahi Award (1976).

Terimakasih Hidetsus Yagi!

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section