1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Google Berencana 'Bunuh' Password

Jika anda sering melupakan kata sandi untuk masuk ke akun Google anda, maka ini mungkin salah satu pilihan terbaik untuk anda

By Nur Chandra Laksana 27 Desember 2015 13:00
Dokumentasi cara menggunakan Google tanpa sandi (sumber : theverge.com)

Money.id - Rencana Google untuk ‘membunuh’ kata sandi (password) telah mencapai tingkat selanjutnya. Google sedang mencoba sebuah metode untuk penggunanya untuk masuk ke akun Google mereka tanpa harus menggunakan kata sandi.

Metode ini memerlukan sebuah ponsel Android yang sudah terkoneksi ke akun Google Anda. Nantinya ponsel adalah yang akan mengizinkan Anda untuk masuk di perangkat lain. Jadi Anda tidak harus mengingat kata sandi anda lagi.

Rohit Paul adalah salah satu orang yang telah menggunakan teknologi ini. Dia mengunggah gambar saat dia mencoba menggunakan metode ini di Reddit dan mengajak orang bergabung dan mencoba metode baru ini.

Caranya adalah dengan memberi kuasa ke ponsel pintar mereka, nantinya ponsel pintar Anda akan mengisi identitas akun Anda di komputer dan memberi notifikasi di ponsel pintar Anda. Namun ponsel pintar Anda harus dilengkapi dengan salah satu fitur keamanan pengunci layar yang telah disediakan di perangkat Anda.

Nantinya anda akan melakukan proses membuka kunci keanan seperti Anda akan membuka layar setelah terkunci untuk memberikan izin atau tidak sebuah perangkat masuk ke akun Google Anda. Namun Google masih menyediakan pilihan untuk menggunakan metode lama, yakni dengan memasukkan kata sandi utnuk masuk ke akun Google Anda.

Bajaimana jika Anda kehilangan atau mengganti perangkat anda? Eits, jangan khawatir, karena Google menyediakan cara untuk menonaktifkan metode untuk masuk ke akun Anda ini. Hal ini dimungkinkan dengan melihat caranya di akun email Google Anda, dan mereka akan menjelaskan cara untuk menonaktfkannya untuk Anda.

Alasan Google menggunakan metode ini adalah untuk meningkatkan tingkat keamanan terhadap pembajakan akun yang masih menggunakan kata sandi untuk membobol akun Anda. Dengan melakukan teknik phising, para hacker mengelabui Anda dengan membuat sebuah formulir masuk palsu untuk mendapatkan data Anda.

Namun sayangnya, Google masih meminjam teknologi ini dari Yahoo, yang pada Oktober lalu mengumumkan fitur keaman yang dinamakan Yahoo Account Key. Teknologi ini menghubungkan email Anda dengan aplikasi email Yahoo yang ada di ponsel pintar Anda. (dhi)

 

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section