1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTPHONE

Gagal Fokus Gara-gara Smartphone, Begini Jalan Keluarnya

Smartphone bisa menjadi benda yang memecah konsentrasi atau fokus di saat penting.

By Adhi 20 Mei 2016 19:26
Ilustrasi pengguna smartphone (abclocal.go)

Money.id - Dengan kemajuan teknologi, smartphone sudah menjadi benda praktis yang bisa membantu kita dalam berbagai macam keperluan. Tapi, di sisi lain smartphone juga bisa menjadi benda yang memecah konsentrasi atau fokus di saat penting, misalnya di dua aktivitas ini:

- Ketika kerja atau belajar, kamu sering kehilangan fokus karena berkali-kali mengambil smartphone, entah untuk membalas pesan tidak penting, membuka media sosial, main game, atau malah cuma melihat-lihat tanpa tujuan jelas.

- Ketika sedang bertemu atau berkumpul bersama teman-teman, bukannya ngobrol dengan teman yang ada di depan mata, kamu malah sibuk dengan smartphone sendiri.

Salah satu atau kedua hal di atas mungkin pernah terjadi pada Anda. Mematikan smartphone mungkin bisa jadi solusi, tapi hal ini justru malah bisa jadi masalah jika tiba-tiba ada yang menelepon karena urusan penting.

Nah, daripada harus mematikan smartphone, berikut beberapa tips untuk tidak kehilangan fokus akibat smartphone:

1. Pasang Smartphone ke Mode Do Not Disturb

Ketika sedang kerja, Anda mungkin bisa memasang mode getar (vibrate) pada smartphone. Ini mungkin efektif untuk beberapa orang.

2. Tutup Layar Smartphone atau Masukkan ke Dalam Tas

Balik smartphone agar layarnya tidak terlihat sama sekali. Atau tutup layarnya dengan casing atau benda lain yang ringan. Dengan begitu, Anda tidak akan terganggu dengan layar smartphone yang kadang menyala, seolah meminta untuk dicek.

Untuk lebih lengkapnya, simak di tautan berikut ini.

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section