1. HOME
  2. DIGITAL
LUAR ANGKASA

Fisikawan Ini Sebut 'Lubang Hitam' Sebagai Jalan ke 'Dunia Lain'

Stephen Hawking meyakini lubang hitam mempunyai jalan keluar.

By Adhi 22 April 2016 07:08
Ilustrasi 'black hole' (sciencefiction.com)

Money.id - Luar angkasa terus menghadirkan misteri yang membuat siapa pun mengerenyitkan dahi. Sangat sulit untuk membedakan mana yang fakta atau mana yang sekedar teori bila menyangkut urusan luar angkasa.

Maka tak heran jika banyak film Hollywood yang menjadikan luar angkasa sebagai inspirasi utama. Salah satu film luar angkasa yang sangat populer baru-baru ini adalah 'Interstellar'.

Apakah Anda pernah menonton film 'Interstellar'? Bila iya, fisikawan ternama Stephen Hawking baru saja mengatakan bila teori soal lubang hitam (black hole) yang disajikan pada film itu benar adanya. Ya, Hawking mengatakan bila lubang hitam dapat membawa manusia ke 'dunia lain'.

Fisikawan Stephen Hawking (mirror.co.uk)

Awalnya, banyak ilmuwan yakin bila lubang hitam hanyalah sebuah 'penjara tanpa pintu keluar'. Di dalam sebuah lubang hitam terdapat sebuah tempat yang disebut singularity. Singularity adalah sebuah titik di mana dimensi ruang dan waktu hancur dengan kekuatan gravitasi tanpa batas. Semua yang terjebak dalam singularity tidak akan bisa kembali.

Namun begitu, Hawking meyakini bila lubang hitam dengan singularity di dalamnya mempunyai jalan keluar.

"Lubang hitam bukanlah penjara abadi seperti yang dipikirkan orang-orang selama ini. Benda-benda dapat keluar dari lubang hitam, baik dari luar atau dari alam semesta lain yang terhubung dengannya," ujar Hawking seperti yang dikutip oleh Daily Mail.

Lebih lanjut Hawking menjelaskan, lubang hitam mempunyai berbagai ukuran. Paling kecil bisa sebesar sebuah gunung. Sementara lubang hitam paling besar disebut Hawking memiliki diameter sepanjang jarak matahari sampai planet Jupiter.

Senada dengan Hawking, Dejan Stojkovic, Profesor Fisika dari Universitas Buffalo, menyatakan jika semua hal yang masuk lubang hitam tidak akan 'dihapus' begitu saja.

Hal itu dia buktikan lewat kalkulasi matematika. Sayangnya, baik Stojkovic, Hawking, atau ilmuwan lain masih belum bisa menjawab bagaimana sebuah benda bisa dikembalikan pasca masuk lubang hitam.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section