SPG profesional juga wajib menguasai berbagai informasi terkait produk yang mereka tawarkan.
By Adhi 28 Oktober 2015 17:00Money.id - Selain produk-produk yang dipamerkan, pastinya di sebuah ajang pameran ada hal lain yang menyedot perhatian para pengunjung--khususnya bagi para kaum pria.
Benar sekali. Penampakan sales promotion girl (SPG) yang bertebaran di berbagai sudut ruang pameran adalah daya tarik lain yang membuat pengunjung betah berlama-lama di lokasi pameran. Bagaimana tidak? Wajah ayu rupawan, lekukan tubuh proporsional, serta perangai supel sudah hampir pasti melekat pada sosok seorang SPG.
Begitu pula di gelaran Indocomtech 2015 yang hari ini, Rabu 28 Oktober 2015, resmi dibuka untuk publik. Bertempat di Jakarta Convention Center, Jakarta, ratusan SPG wara-wiri menawarkan produk yang mereka gawangi.
Menurut Dea, SPG salah satu retailer smartphone kenamaan di Indonesia, menjadi seorang SPG tidak bisa hanya mengandalkan wajah cantik dan tubuh seksi saja. Ia menjelaskan, bahwa seorang SPG profesional juga wajib menguasai berbagai informasi terkait produk yang mereka tawarkan.
"Penampilan sih memang yang utama mas, tapi harus pintar juga. Apalagi kalau event besar kaya gini, kita dapat pelatihan dulu dari user (vendor yang mempekerjakan SPG). Jadi, harus menguasai product knowledge-nya juga," ungkap Dea saat ditemui di salah satu booth ajang Indocomtech 2015.
Dea sendiri mengaku dirinya bukanlah SPG "musiman," alias freelancer. Perempuan 26 tahun ini mengaku sudah 3 tahun bergabung dengan Duta Agency, selaku perusahaan penyalur SPG dan SPB.
"Sudah lumayan lama, dari sejak kuliah. Kalau dulu ikut-ikutan temen aja kalau ada yang ngajak freelancer-an, tapi sekarang udah gabung agency. Job-nya lebih sering, bayarannya lebih bagus. Lebih terjamin lah," paparnya.
Dea mengatakan bahwa untuk sebuah event besar seperti Indocomtech ini, para SPG bisa mengantongi bayaran berkisar Rp500-800 ribu per hari, atau 10 jam kerja. "Tergantung pengalaman sama job desk-nya juga mas," terang dea.
Soal upah, lebih jauh Dea menjelaskan, "Rata-rata kalau event besar sekitaran segitu (Rp500-800 ribu). Saya juga. Itu di luar uang makan sama transport. Kalau transport ada jemputannya juga kadang-kadang."
Bila dihitung-dihitung, untuk sebuah event yang berlangsung selama 5 hari seperti Indocomtech ini, seorang SPG bisa meraup pendapatan sebesar Rp2,5-4 juta rupiah. Sedangkan menurut pengakuan Dea, "Sebulan kalau ramai bisa seminggu sekali mas (4 event dalam sebulan), seminggu dua kali malah."
Event otomotif lebih menggiurkan
Senada dengan Dea, SPG lain di ajang Indocomtech 2015 bernama Kiki juga mengatakan bahwa penghasilannya per hari di sebuah event besar bisa mencapai kisaran Rp800 ribu per hari. "Tapi lebih besar lagi kalau acara otomotif mas, bisa sampai Rp1-1,5 juta sehari," tuturnya.
Perempuan yang di ajang Indocomtech 2015 bertugas mensosialisasikan promo diskon salah satu situs belanja online ini mengaku sudah berpengalaman dua kali "turun" di ajang otomotif besar seperti Indonesia International Motor Show (IIMS).
"Bayarannya lebih besar, tapi memang lebih capek juga. Acaranya suka sampai malam banget," kata Kiki.
Suka Artikel Ini? KLIK LIKE
Intip Kado Istimewa Rafathar dari Kuda Poni Hingga Taman Bermain
Agar Dompet Tak Makin 'Tipis', Lakukan Penghematan dengan Cara Ini
Pemerintah Angkat Bicara Soal Rokok Naik Jadi Rp50 Ribu per Bungkus
Sensor Detak Jantung Bermasalah, Apple Watch Dihujat
27 Oktober 2015 09:005 Produk Gagal Apple yang Jarang Diketahui
27 Oktober 2015 07:00