1. HOME
    2. DIGITAL
YOUTUBE

Deretan Youtuber Indonesia yang Melenggang ke Layar Lebar

Seorang Youtuber dinilai mampu menggenjot jumlah penonton film nasional.

By Adhi 11 Mei 2016 06:02
Deretan Youtuber Indonesia di acara YouTube Fanfest 2015 (Muvila.com/Ivan Marlianto)

Money.id - Film garapan Rapi Films berjudul Modus yang tayang 4 Mei 2016 menambah daftar film Indonesia yang dibintangi oleh para pegiat YouTube atau yang biasa disebut Youtuber.

Tercatat ada sejumlah Youtuber yang membintangi film tersebut seperti kakak-beradik Andovi dan Jovial da Lopez, Reza Oktovian, dan Youtuber pendatang baru, Kemal Palevi.

"Dengan jumlah subscriber yang mencapai ratusan ribu, kehadiran Youtuber di sebuah film bisa memberikan kontribusi positif bagi pencapaian jumlah penonton. Dari data yang kami himpun menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun, jumlah Youtuber yang berakting di layar lebar terus meningkat," ungkap Sudhir Syal, Co-founder dan Managing Director BookMyShow Indonesia.

Kali ini, BookMyShow selaku portal pemesanan tiket online menyajikan data deretan Youtuber tanah air yang ikut mencicipi layar lebar dan mewarnai industri perfilman nasional:

2009

Jumlah Youtuber: 1

Di tahun 2009, film pertama yang dibintangi oleh Youtuber Indonesia adalah film buatan Rudy Soedjarwo yang diadaptasi dari novel pertama penulis, comic, sekaligus Youtuber Raditya Dika. Tak hanya diusung dari novelnya, Raditya Dika juga langsung ikut bermain dalam film pertamanya yang berjudul Kambing Jantan: The Movie. Film yang ditulis oleh Salman Aristo dan Mouly Surya ini juga turut dibintangi oleh Herfiza Novianti, Edric Tjandra, dan Sarah Safitri.

2013

Jumlah Youtuber: 1

Berselang 4 tahun, Youtuber dengan hampir 2 juta subscriber Raditya Dika kembali membintangi film yang diambil lagi dari novel kedua buatannya berjudul Cinta Brontosaurus. Dibintangi oleh Raditya Dika, Eriska Rein, Soleh Solihun, Meriam Bellina, dan Tyas Mirasih, film produksi StarVision Plus ini mampu menempati peringkat 4 dari 10 film Indonesia dengan penonton terbanyak dengan jumlah penonton sebanyak 892 ribu. Di tahun yang sama pula, Raditya Dika juga membintangi filmnya berjudul Manusia Setengah Salmon yang juga berasal dari novel yang ia tulis.

SELANJUTNYA >>

Baca juga:

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section