1. HOME
  2. DIGITAL
XIAOMI

Dari Startup jadi 'Raksasa', Berapa Nilai Xiaomi Sekarang?

Xiaomi kabarnya telah mendapatkan suntikan dana segara dari investor baru.

By Adhi 15 Maret 2016 15:10
Mobilegeeks.com

Money.id - Memulai debut pada tahun 2011 di pasar lokal China, Xiaomi langsung menjadi fenomena di pasar gadget dunia. Dalam waktu singkat perusahaan rintisan (startup) yang didirikan oleh duet Lei Jun dan Liu Bin ini pun sukses menjadi 'raksasa' di pasar smartphone dunia.

Menurut data IDC, Xiaomi kini menjadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia di bawah Samsung dan Apple. Secara mengejutkan mereka sukses mengungguli para 'pemain lama' seperti Lenovo, LG, atau Huawei juga berasal dari China.

Kiprah Xiaomi ternyata menarik perhatian para investor. Terikini, Xiaomi kabarnya telah mendapatkan suntikan dana segara dari investor baru.

Dilansir laman Gizmo China, Senin 14 Maret 2016, sejumlah media asal Negeri Tirai Bambu mewartakan beredarnya bocoran salinan dokumen internal perusahaan yang menunjukkan investasi baru yang dialirkan CITIC Capital Project kepada Xiaomi.

Dalam dokumen tersebut, disebutkan bahwa CITIC Capital Project memberikan dana investasi sebesar US$110 juta atau setara dengan Rp1,3 triliun kepada Xiaomi. Dana tersebut dialokasikan menjadi 0,5 persen saham Xiaomi.

Dengan suntikan investasi baru tersebut, nilai valuasi Xiaomi kini diperkirakan menjadi sekitar US$24,4 miliar atau setara dengan Rp316 triliun.

Namun begitu, pihak Xiaomi sendiri telah membantah kabar tersebut. Menurut CEO Lei Jun, perusahaannya belum berencana menawarkan sahamnya kepada publik atau menggelar IPO (initial public offering). Ia juga menegaskan bahwa Xiaomi belum membutuhkan investasi baru.

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section