1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Teknologi yang Jadi Perhatian di Consumer Electronics Show 2016

Sekitar 3.000 vendor meramaikan CES 2016.

By Nur Chandra Laksana 6 Januari 2016 17:05
Kerumunan pengunjung pada pintu masuk CES 2016 (sumber : cesweb.org)

Money.id - Consumer Electronics Show (CES) 2016 merupakan pameran perangkat elektronik terbesar di dunia. Pameran yang dihelat di Las Vegas, Amerika Serikat ini akan berlangsung mulai hari ini, Rabu 6 Januari hingga 9 Januari 2016 mendatang.

Dilansir laman Cbs News, kurang lebih 3.000 vendor meramaikan CES 2016. Mereka berlomba-lomba menampilkan produk-produk terbaru dan inovatif.

Bila dilihat secara gratis besar, ada beberapa tren dan produk yang menjadi perhatian utama para pengunjung CES 2016. Berikut beberapa di antaranya:

Virtual reality

Virtual Reality (VR) memang bukan barang baru bagi kebanyakan orang yang menggemari dunia teknologi.

Namun, seiring perkembangan teknologi yang kian pesat, maka perkembangan perangkat keras untuk VR kian canggih.

Berawal dari pengembangan Oculus semenjak 2012 silam, banyak pihak lainnya seperti HTC dan Sony kini mulai memproduksi kaca mata VR untuk publik.

Kendaraan terkoneksi ke ponsel pintar

Tidak dapat dipungkiri, pengontrol musik dan AC konvensional mulai ditinggalkan orang.

Dengan perkembangan teknologi dan kesadaran keselamatan dalam mengemudi yang tinggi, akhirnya mendorong para produsen kendaraan berinovasi untuk menjawab keinginan pasar.

Demi memperkenalkan teknologi pengontrolan terpusat terbaru, tak sedikit para produsen kendaraan masuk ke CES 2016 ini.

Walhasil banyak pengunjung yang penasaran dengan teknologi terbaru para produsen kendaraan mengerubungi booth mereka.

Yang menjadi pusat perhatian di CES 2016 ini adalah teknologi konektivitas antara sistem pengontrolan terpusat denga perangkat pintar mereka.

Teknologi yang sedang dikembangkan adalah teknologi untuk mengontrol ponsel pintar Anda, seperti mencari navigasi, menjawab atau membuat panggilan, dan lainnya.

Selain itu, fitur mengendara otomatis dan fitur keamanan canggih, seperti pengendali otomatis juga menjadi pusat perhatian para pengunjung CES 2016. 

Teknologi wearables semakin fashionable

Wearable devices pertama kali kita kenal adalah sebuah kalkulator yang disematkan pada sebah jam tangan pada tahun 1980-an. 

Namun pada saat teknologi Bluetooth mulai diperkenalkan, penggunaan wearable mulai menggairah lagi.

Perkembangan paling pesat adalah saat diperkenalkan pada CES 2014 silam. Dengan masih menggunakan desain yang kaku, namun karena antusias para pengguna yang tinggi, maka wearable menjadi salah satu teknologi yang berkembang dengan pesat.

Pada CES 2016 ini, para produsen wearable kian memperhatikan nilai estetik dan perkembangan fashion yang ada. 

Robot dan Drone

Dengan total 27 vendor robotik yang membuka booth di CES 2016, sepertinya teknologi masa depan mulai digemari masyarakat.

Keseluruhan vendor tersebut mempresentasikan beragam teknologi yang tidak terduga dari bidang robotik.

Salah satu yang bakal diserbu pengunjung adalah booth JETRO, sebuah perusahaan yang berasal dari Jepang. Mereka memiliki berbagai macam robot yang ditujukan untuk konsumen.

Mulai dari robot terapi yang bernama Pero, sampai robot yang memiliki kemampuan untuk mendukung tim SAR untuk mendeteksi keberadaan korban bencana. (dhi/poy)

Suka Artikel ini? Klik Like

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section