1. HOME
  2. DIGITAL
FACEBOOK

CEO WhatsApp Lepas Saham Facebook Senilai Rp3,7 Triliun

Koum sendiri mendapatkan banyak saham setelah WhatsApp diakuisisi oleh Facebook.

By Adhi 3 Desember 2015 12:07
CEO WhatsApp, Jan Koum (money.cnn.com)

Money.id - Jan Koum, CEO WhatsApp dilaporkan telah secara resmi melepas sekitar 4% saham Facebook miliknya yang diperkirakan bernilai sebesar US$274 juta atau setara dengan Rp 3,7 triliun.

Menurut informasi yang dikutip dari laman Recode, Kamis 3 Desember 2015, Koum masih memiliki sisa saham sebesar US$7 miliar atau sekitar Rp96 triliun di Facebook.

Baca Juga: Tukang Sapu Kini Jadi Miliarder Aplikasi Chatting

Koum sendiri mendapatkan banyak saham Facebook ketika aplikasi pesan instan yang didirikannya, WhatsApp, diakuisisi oleh Facebook pada awal 2014 silam. Kala itu, Mark Zuckerberg cs harus menggelontorkan dana sebesar US$ 22 miliar atau setara Rp268 triliun.

Facebook membayar dalam bentuk tunai US$4,59 miliar dan 178 juta lembar sahamnya kepada para pendiri WhatsApp. Mereka pun harus mengeluarkan 46 juta lembar saham yang diperuntukkan bagi sejumlah karyawan generasi awal WhatsApp.

Dari keuntungan tersebut, Koum selaku co-founder dan CEO WhatsApp kebagian jatah sebanyak 24,9 juta lembar saham sebagai kompensasi untuk tetap memimpin WhatsApp.

Pasca mengakuisisi WhatsApp, Facebook pun langsung menggelar penjualan saham perdana ke publik, alias IPO (initial public offering) dengan harga US$38 per lembarnya. Saat ini, harga per lembar saham Facebook tercatat sudah melonjak menjadi US$107.

Suka Artikel Ini? Klik Like

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section