1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

CEO Nokia: Jaringan 4G LTE di Indonesia Perlu Pembenahan

Robert Cattanach juga menyarankan menutup jaringan 3G.

By Nur Chandra Laksana 3 Maret 2016 10:02
CEO Nokia Indonesia, Robert Cattanach (ncl/Money.id)

Money.id - Nokia baru saja memperkenalkan CEO baru mereka untuk Indonesia, Robert Cattanach.

Melihat industri telekomunikasi di Indonesia, Robert menyinggung masalah penyebaran layanan 4G LTE di tanah air. Menurutnya, jaringan 4G LTE di Indonesia masih belum berjalan secara maksimal dan merata.

"Saat ini jaringan 4G LTE di Indonesia masih belum bisa dirasakan secara sempurna. Masih harus menambahkan jaringan fiber optic agar pengguna mendapatkan layanan secara sempurna," ungkap Richard saat ditemui di Jakarta, Rabu 2 Maret 2016.

Selain itu, Richard juga menyarankan beberapa hal lainnya untuk kemajuan industri teknologi dalam negeri. Salah satunya, ia menyarankan agar pemerintah segera menutup jaringan 3G di Indonesia.

"Jaringan 3G dan 4G memang sama-sama memiliki kemampuan menerima dan mengirimkan jaringan. Jadi, lebih baik pemerintah Indonesia memperbaiki infrastruktur 4G dan menutup jaringan 3G. Untuk mengurangi biaya pastinya," terangnya.

Namun begitu, Robert justru mengingatkan bahwa eksistensi jaringan 2G di Indonesia masih penting untuk dipertahankan. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia masih sering memanfaatkan layanan panggilan telepon serta mengirim pesan singkat (SMS) yang notabene berjalan di jaringan 2G.

"Di Indonesia, masyarakatnya masih banyak yang belum mampu membeli ponsel diatas Rp1 juta, dan juga karena masih seringnya menggunakan panggilan telepon dan mengirim pesan, maka jaringan 2G masih sangat dibutuhkan di Indonesia," kata Robert.

Apa yang diutarakan Robert mungkin ada benarnya. Akan tetapi, mempertahankan jaringan 2G tampaknya bukan menjadi prioritas utama pemerintah saat ini yang menyasar pertumbuhan sektor bisnis digital berbasis internet. (dhi)

 

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section