1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Cari Lowongan Pekerjaan? Coba 5 Aplikasi Berbasis iOS Ini

Berikut lima aplikasi yang dapat membantu Anda mencari lowongan pekerjaan.

By Azalia Amadea 6 Juni 2016 08:27
Aplikasi Jobr (businessinsider.sg)

Money.id - Smartphone semakin menjadi bagian penting dari kehidupan modern. Kemana pun pergi, kita selalu membawa smartphone yang siap menemani melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, mulai dari bermain game, mengecek email, mencari informasi atau berita, dan lain kegiatan lainnya.

Melalui smartphone pula, Anda dapat menggunakan aplikasi yang bisa membantu untuk mencari informasi lowongan pekerjaan.

Apple baru-baru ini membuat daftar aplikasi di Apple Store yang direkomendasikan untuk para pemburu pekerjaan. Aplikasi iOS apa saja?

Dilansir laman Business Insider, berikut lima aplikasi yang dapat membantu Anda mencari lowongan pekerjaan:

1. Jobr

Jika Anda tidak aktif untuk mencari pekerjaan baru, Anda dapat browsing di waktu luang dengan Jobr. Aplikasi ini seperti Tinder. Salah satu keunggulan dari Tinder adalah Anda dapat bertatap muka langsung saat mencari teman kencan. Hanya tinggal mengusap layar ke kiri atau ke kanan, kita sudah bisa menemukan pasangan yang cocok. Hal yang sama coba diterapkan oleh Jobr yang dapat dipakai secara gratis.

2. Business Card Reader Pro

Seperti judulnya, aplikasi ini bisa dipakai untuk menyimpan kartu nama dari rekan bisnis secara digital. Dan ini sangat berguna sekali ketika kita sedang mencari pekerjaan. Bahkan kita bisa mengimpor informasi dalam kartu nama secara langsung ke daftar kontak iPhone tanpa memasukkannya secara manual. Dengan cara ini, kita akan punya banyak data kartu nama yang bisa memberikan informasi lowongan pekerjaan. Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis dan harus dibeli seharga US$6,99 (sekitar Rp93 ribu).

3. Pocket Resume

Meskipun pekerjaan tertentu mengizinkan Anda menggunakan alat bantu seperti LinkedIn sebagai pengganti resume, tetapi Anda masih akan membutuhkan resume. Dan jika Anda ingin cara yang cepat dan mudah untuk membuat resume di smartphone, Pocket Resume adalah jawabannya. Produk berupa file PDF yang tampak bersih, dengan beberapa style yang bisa dipilih. Hebatnya lagi, aplikasi seharga US$4,99 (sekitar Rp67 ribu) ini bisa mengimpor data dari akun LinkedIn Anda.

4. Indeed

Ada beberapa situs yang menggabungkan fungsi buletin lowongan pekerjaan dan media sosial. Situs tersebut dirancang sebagai tempat untuk mencari karyawan atau perusahaan yang membuka lowongan. Apple memasukkan Indeed dan CareerBuilder sebagai aplikasi yang direkomendasikan. Indeed, khususnya, adalah salah satu perangkat pencarian pekerjaan yang paling tangguh. Kedua aplikasi tersebut bisa diunduh dan digunakan secara gratis.

5. LinkedIn

LinkedIn punya beberapa aplikasi terpisah. LinkedIn memiliki aplikasi pencarian kerja berbasis lokasi (LinkedIn Job Search), aplikasi pekerjaan yang menarget mahasiswa dan lulusan baru (LinkedIn Students), serta aplikasi standar yang sudah mulai terlihat lebih seperti Facebook (LinkedIn Mobile). Aplikasi yang dirilis LinkedIn itu semuanya bersifat gratis. (dhi)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section