1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Cara Jitu Terhindar dari Radiasi Ponsel

Dalam jangka panjang, paparan radiasi terhadap sel dikatakan akan mempengaruhi DNA.

By Rohimat Nurbaya 30 Mei 2016 07:08
Ilustrasi menggunakan ponsel (Pixabay)

Money.id - Ponsel telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Ke mana pun pergi kita selalu membawanya di dalam kantong celana atau baju. Ketika mengirim SMS, chatting atau melakukan panggilan kita memegang ponsel dengan erat sepanjang hari. Tapi apakah itu benar-benar sehat?

Meskipun tidak ada bukti yang jelas bahwa ponsel benar-benar berbahaya, beberapa studi mengklaim radiasi secara bertahap yang dikeluarkan ponsel dapat membahayakan kesehatan.

Dalam jangka panjang, paparan radiasi terhadap sel dikatakan akan mempengaruhi DNA. Bahkan, paparan selama kehamilan bisa memiliki efek berbahaya. Juga, risiko jenis kanker tertentu dapat meningkat.

Meskipun kita tidak bisa tiba-tiba berhenti menggunakan ponsel, mari kita cari tahu tentang tindakan pencegahan yang bisa diambil. Dikutip dari Boldsky berikut deretannya:

1. Selama Anda yakin bahwa tidak akan mendapat panggilan sama sekali, cobalah untuk meletakkan ponsel dalam mode pesawat sehingga paparan radiasi akan berkurang.

2. Menggunakan earphone adalah jauh lebih baik daripada memegang ponsel dekat dengan telinga. Tetapi, hindari penggunaan earphone Bluetooth karena juga dapat memancarkan radiasi.

3. Ketika berada di daerah yang memiliki sinyal lemah, hindari melakukan panggilan dari tempat-tempat tersebut.

4. Hindari percakapan panjang yang membuat telinga panas. Bertemu langsung atau menggunakan telepon kabel untuk berbicara panjang lebar adalah lebih baik.

5. Lebih baik membawa ponsel dengan tangan daripada menaruhnya di saku.

6. Lebih baik mengirim SMS daripada melakukan panggilan. Jika mungkin, pilih chatting jika Anda akan melakukan percakapan yang panjang.

7. Gunakan ponsel hanya untuk membuat hanya panggilan yang penting dan perlu. Hindari kecanduan (berbicara lama-lama) menggunakan ponsel sepanjang waktu.

8. Sebelum tidur, jauhkan ponsel dari kepala. Taruh di tempat sejauh mungkin.

Itulah 8 pencegahan yang mungkin bisa dilakukan untuk menghindari terpapar radiasi dari ponsel.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section