1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Bukalapak.com Targetkan 2 Juta Pelapak di Tahun 2016

".. Dan saya yakin di Ramadan nanti, Bukalapak.com akan mendapatkan 1 juta pelapak," kata Bayu.

By Dian Rosalina 2 Juni 2016 13:28
Head of Marketing, Bayu Syerli (Money.id/Dian Rosa)

Money.id - E-commerce semakin lama semakin menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Salah satu e-commerce yang mengalami pertumbuhan yang cukup bagus dari tahun lalu adalah Bukalapak.com.

Untuk tahun ini, Bukalapak.com menargetkan mendapatkan 2 juta pelapak atau penjual ditahun 2016 ini. Head of Marketing Bukalapak.com, Bayu Syerli mengatakan bahwa sampai Desember 2015, ada 500 ribu pelapak yang telah bergabung dengan Bukalapak.com.

"Saat itu kami melihat peningkatan yang cukup fenomenal, hingga diakhir bulan Mei ini saja sudah ada 850 ribu yang sudah bergabung bersama kami. Dan saya yakin di Ramadan nanti, Bukalapak.com akan mendapatkan 1 juta pelapak," kata Bayu yang diwawancarai Money.id usai menghadiri sebuah acara di kawasan Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Mereka pun memiliki keinginan juga bisa menjangkau para Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di daerah tertinggal di Indonesia. Namun Bayu masih berpikir realistis, karena kota-kota besar di Indonesia pun masih belum terangkul dengan baik.

Jadi untuk memulainya, Bukalapak.com mulai menjaring sekaligus membentuk komunitas-komunitas di kota besar. Sehingga nantinya bisa menular ke kota-kota kecil yang ada di pusat kota besar.

Sarjana lulusan Institut Teknologi Bandung ini pun mengungkapkan bahwa Bukalapak.com kini sedang menjalankan program penggerak pelapak.

"Jadi kami mempunyai kader-kader di setiap kota besar, mereka akan membantu menggerakkan orang-orang dari kota-kota tersebut agar mau berjualan online. Bukalapak selain mensupport, kami juga membiayai mereka," kata dia.

Selain itu, Bukalapak.com pun bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mengadakan tur 10 kota untuk menjaring para UKM-UKM yang ada di daerah tersebut. Tidak hanya itu saja, para UKM juga diikut sertakan dalam seminar mengenai bisnis online oleh Bukalapak.com.

Roadshow yang akan diadakan mulai bulan ini, akan mengadakan acara-acara seperti pergi ke mall-mall memperkenalkan bisnis online, kemudian memberikan seminar bagaimana mengoptimasi media online untuk bisnis mereka.

Dan yang terakhir Bukalapak akan mengunjungi kampus-kampus untuk memberikan workshop mengenai bisnis online.

"Di sana para UKM nantinya diberikan kemudahan seperti HAKI secara gratis, bahkan sampai pemberian finansial untuk bisnis mereka. Kota-kota yang akan kami datangi seperti Makassar, Bali, Yogyakarta, Medan, Surabaya, dan masih banyak kota besar lainnya yang ada di Indonesia," kata Bayu.

Sementara itu, Bayu mengungkapkan pertumbuhan Bukalapak.com dari 2014 ke 2016 meningkat tujuh kali lipat. Dan tahun ini ia harap bisa 10 kali lipat.

"Perbandingan tahun ini dengan tahun lalu saja, perkembangannya luar biasa. Waktu awal 2015 kami malah baru memiliki karyawan 50 orang, tahun ini kami sudah memiliki karyawan sebanyak 500 orang. Semoga bulan Desember nantinya, target kami bisa tercapai dengan total 2 juta pelapak. Dan kami harapkan efeknya terus menerus," ucap dia. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section