1. HOME
  2. DIGITAL
LUAR ANGKASA

Bersuhu 2.700 Derajat Celsius, di Planet Inikah Neraka Berada?

Saking panasnya, planet itu diketahui memancarkan cahaya ke luar angkasa.

By Adhi 24 Mei 2016 13:01
Planet 55 Cancri e (scitechdaily.com)

Money.id - Mungkin tak banyak dari kita yang mengenal istilah planet 'super earth'. Perlu diketahui, super earth adalah planet berbatu mirip bumi dengan besar dua kali lipat bumi yang bertebaran di tata surya kita.

Pada awal 2015 silam, ternyata sejumlah ilmuwan mampu menemukan salah satu super earth.

Menggunakan teleskop luar angkasa Splitzer milik NASA, ilmuwan Universitas Cambridge Inggris berhasil menemukan super earth yang diberi nama "55 Cancri e". Nama Cancri disematkan karena planet ini terletak 40 tahun cahaya di gugusan bintang Cancer.

Salah satu hal yang membuat mengejutkan, meski menyerupai planet bumi, suhu planet 55 Cancri e dihitung berkisar antara 1000-2700 derajat Celsius.

Bahkan, dari gambar ilustrasi ulang dibuat oleh Universitas Cambridge, terlihat bila sebagian besar daratan di planet 55 Cancri e tertutup oleh lava pijar. Saking panasnya, planet itu diketahui memancarkan cahaya ke luar angkasa. Hal ganjil yang jarang dilakukan oleh sebuah planet.

Menurut Dr Nikku Madhusudhan, ilmuwan Astronomi Cambridge, suhu panas hingga ribuan derajat Celsius planet 55 Cancri e terjadi akibat letaknya yang sangat dekat dengan bintang yang dia kelilingi. Oleh sebab itu, satu tahun di planet ini sama dengan 18 jam saja di Bumi.

"Tidak ada catatan sebuah planet super earth pernah mengeluarkan panas hingga ke luar angkasa sebelumnya. Ini mungkin disebabkan oleh tingginya aktivitas vulkanik di planet 55 Cancri e," jelas Dr. Nikku seperti dikutip dari Daily Mail.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section