1. HOME
  2. DIGITAL
FACEBOOK

Baterai Smartphone Anda Boros? Facebook Biang Keladinya!

Facebook sendiri telah mengakuinya, dan mengklaim telah melakukan pembenahan.

By Adhi 5 November 2015 09:00
Ilustrasi (technewstoday.com)

Money.id - CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa situs jejaring sosial besutannya itu telah berhasil mencapai 1 miliar pengguna perangkat mobile aktif per bulan. Dengan jumlah pengguna sebesar itu,  tak ada yang meragukan popularitas Facebook di kalangan pengguna perangkat mobile.

Namun popularitas Facebook di tengah-tengah para pengguna smartphone belakangan mulai sedikit terusik. Pasalnya aplikasi Facebook dianggap sebagai penyebab utama borosnya baterai smartphone.

Dilansir laman BGR, Facebook dinilai sebagai jenis aplikasi yang sangat mempengaruhi daya tahan baterai. Sebab, meski pengguna sedang tidak membukanya, di belakang layar, Facebook tetap akan melakukan banyak aktivitas.

Lebih mengecewakannya lagi, sejumlah aktivitas yang dilakukan di belakang layar itu justru merupakan fitur-fitur yang fungsinya tidak terlalu vital bagi pengguna, salah satunya adalah fitur layanan panggilan VOiP.

Pengelola Facebook sendiri telah mengakuinya. Facebook bahkan telah melakukan pembenahan dengan merilis update terbaru.

"Kami telah menemukan beberapa permasalahan utama dan telah mengidentifikasi perbaikan tambahan. Beberapa di antaranya telah ada di versi terbaru yang rilis hari ini," kata Ari Grant, Engineering Manager Facebook melalui akun Facebooknya.

Ada dua permasalahan yang ditemukan tim pengembang Facebook terkait borosnya penggunaan baterai dari aplikasi Facebook. Pertama, permasalah terjadi di proses CPU Spin yang ada di kode jaringan Facebook. Proses inilah yang mengakibatkan penggunaan baterai lebih boros dari biasanya.

Permasalahan kedua adalah manajemen sesi audio. Dari penelusuran yang dilakukan, ternyata aplikasi Facebook tetap mengeluarkan suara ketika pengguna telah menutup aplikasi. (ita)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section