1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Balon Internet Google Segera Mengudara di Indonesia

Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat menjadi pihak yang bertanggung jawab atas kerjasama dengan Google ini.

By Adhi 29 Oktober 2015 11:12
Ririek Adriansyah, CEO of Telkomsel; Dian Siswarini, CEO of XL Axiata; Alexander Rusli, Indosat CEO; Mike Cassidy, VP, Loon; Sergey Brin, President, Alphabet Inc. (nbcnews.com)

Money.id - Tiga operator seluler Indonesia, yakni Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat, akhirnya menandatangani kesepakatan uji coba Project Loon. Proyek milik Google ini akan mendukung upaya pemerintah dalam penyediaan koneksi internet di area terpencil di Indonesia.

Penandatangan kesepakatan ini disaksikan langsung oleh Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika yang melakukan kunjungan kerja ke kantor pusat Google di Sillicon Valley, California.

Kerja sama strategis ini bertujuan untuk mendukung Indonesia Broadband Plan 2014-2019. Ketiganya mengaku cukup puas dapat mendukung program pemerintah melalui kerja sama dengan perusahaan teknologi global seperti Google.

"Kami sangat senang mendukung upaya Pemerintah dalam menyediakan koneksi digital dan internet melalui kerja sama ini. Indosat berkomitmen menyediakan koneksi digital demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat sampai ke daerah terpencil," ujar Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat dalam siaran persnya.

Project Loon sendiri merupakan proyek penyebaran akses internet gratis yang diprakarsai oleh Google untuk wilayah-wilayah terpencil di berbagai penjuru dunia. Proyek ini telah berjalan sejak tahun 2013.

Tim pengembang Project Loon menjelaskan bahwa balon udara yang memiliki modem Wi-Fi dengan kecepatan super tersebut akan dapat mengirimkan sinyal ke tanah. Sinyal tersebut akan menyediakan koneksi internet cepat bahkan sampai ke lokasi-lokasi dengan kontur geografis yang sulit dijangkau.

"Kami senang bekerja sama dengan Indonesia melalui uji coba Project Loon. Banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses internet untuk menangkap peluang di bidang pendidikan, kebudayaan dan ekonomi. Bersama ini kami berharap dapat membawa internet secara keseluruhan bagi jutaan lebih banyak orang di Indonesia," ujar Mike Cassidy, VP Project Loon Google.

Dibalik tingginya pertumbuhan pengguna internet, dua per tiga populasi di Indonesia saat ini masih belum bisa mengakses koneksi internet dan belum mendapatkan manfaat hidup dari ekonomi digital.

"Di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, banyak orang yang hidup tanpa infrasturktur internet. Jadi, kami berharap balon internet Google dapat membantu mereka mengakses berbagai informasi di internet," ungkap Sergey Brin, VP Alphabet Inc. saat melakukan pertemuan dengan rombongan pemerintah Indonesia, termasuk Ririek Adriansyah, CEO Telkomsel dan Dian Siswarini, CEO XL Axiata.

Menurut yang dilansir laman NBC News, Kamis 29 Oktober 2015, Proyek balon internet Google akan lebih dulu diujicoba selama satu tahun di Indonesia. Nantinya, peluncuran komersial akan dikembalikan kepada kebijakan masing-masing operator.

Sebelum menyambangi Indonesia, Project Loon sebelumnya telah diujicoba Google di Australia, New Zealand, serta Brasil.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section