1. HOME
  2. DIGITAL

Awas, Peretas Bisa "Hack" Ponsel Anda Lewat Google Chrome

Ternyata para peretas menemukan sebuah bug yang dapat digunakan untuk membajak ponsel.

By Nur Chandra Laksana 15 November 2015 18:31
Ilustrasi/wordpress

Money.id - Bagi Anda pengguna ponsel pintar Android dan sering menggunakan Chrome sebagai browser, perlu berhati–hati. Ternyata para peretas menemukan sebuah bug yang dapat digunakan untuk membajak ponsel.

Dilansir dari laman engadget, peneliti asal Quihoo 360, Guang Gong mendemontrasikan bagaimana peretas bisa membajak ponsel Anda pada acara PacSec di Jepang, Sabtu 14 November 2015 kemarin.

Mereka menemukan kelemahan pada panel yang bernama PSN2OWN. Nantinya para peretas bisa menemukan serangkaian kode yang dapat mendapatkan akses penuh terhadap ponsel Anda.

"Hal yang paling mengagumkan tentang exploit yang Guang temukan adalah pengguna ponsel pintar zaman sekarang tidak mengetahui exploit itu ada dan tengah berjalan di ponsel mereka tanpa harus adanya interaksi," kata Dragos Ruiu, pihak pelaksana dari PacSec.

"Guang memperlihatkan sesaat ponsel mengakses laman web dengan JavaScript v8, mereka akan secara otomatis mengunguh aplikasi yang berbahaya, dalam hal ini BMX Bike Game, untuk mendemonstrasikan cara masuknya virus," ucap Ruiu.

Namun untungnya Google telah sadar akan exploit ini dan segera melakukan pembaharuan untuk menutup celah tersebut.

Google juga telah memberikan instruksi untuk langsung memperbaharui Chrome mereka untuk menghindari exploit tersebut. (poy)

(da/ncl)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section