1. HOME
  2. DIGITAL

APJII Dukung Proyek Balon Internet Google

Ketua APJII berharap para penyelenggara internet lainnya dapat turut terlibat dengan program balon internet Google.

By Adhi 31 Oktober 2015 08:28
Project Loon Google (cloudfront.net)

Money.id - Menanggapi berita yang sedang santer beredar mengenai penandatangan kerjasama antara Google dan 3 operator selular, Telkomsel, XL, dan Indosat, Ketua APJII Jamalul Izza sangat mengharapkan agar kerjasama ini diperluas ke seluruh penyelenggara jasa Internet (PJI) Indonesia, yang saat ini berjumlah tidak kurang dari 350 penyelenggara.

Sejak berdirinya APJII 19 tahun yang lalu, kendala mayoritas para PJI adalah infrastruktur terutama last mile untuk menyambungkan pelanggan. Hal ini terbukti dengan porsi penyebaran trafik diantara anggota APJII dimana 70% trafik dikuasai oleh 3 operator selular sedangkan 30% trafik diperebutkan oleh lebih dari 350 operator.

"Tidak terbayangkan apabila akses penggunaan Balon Google ini hanya akan dibatasi pada 3 operator selular ini, maka ketiga operator ini akan semakin memperbesar porsi 70% nya dan semakin mempersempit kesempatan hidup lebih dari 350 operator PJI lainnya," lanjut Jamalul Izza.

Sebagai catatan, operator selular dapat menyelenggarakan jasa akses Internet dengan menggunakan ijin Penyelenggaraan Jasa Internet yang juga mereka miliki.

APJII menghimbau pemerintah agar akses terhadap media infrastruktur terobosan seperti itu dibuka seluasluasnya ke seluruh penyelenggara tanpa perbedaan. Dengan demikian, apabila 350 operator PJI dapat menggunakannya, hal ini otomatis akan lebih mengakselerasikan pertumbuhan pengguna Internet Indonesia.

Di sisi lain, amat disayangkan sebenarnya fakta bahwa mayoritas PJI ini tidak diikutsertakan dalam kerjasama ini, karena pada bulan Juli 2015, APJII sudah secara langsung menanyakan ke Google mengenai keberadaan Loon Project ini untuk kepentingan anggota, namun dikatakan tidak tersedia.

Sebagai tindak lanjut, APJII siap untuk berkomunikasi aktif dengan pihak terkait seperti Kemenkopolhukam, Kominfo dan Google untuk mengusahakan equal access terhadap media teknologi baru tersebut bagi seluruh anggotanya.

Menambahkan, Sekjen APJII Henri Kasyfi menyampaikan bahwa , "Salah satu fokus kepengurusan APJII saat ini adalah penyediaan infrastruktur terutama last mile bagi seluruh anggota APJII. Beberapa diantaranya, APJII mengharapkan segera diterbitkannya regulasi untuk MNO/MVNO dan regulasi Open Access, agar infrastruktur operator yang sudah tergelar dapat dimanfaatkan lebih dari 350 anggota APJII secara fair untuk penyediaan akses Internet ke pengguna. Dengan demikian, anggota APJII tidak perlu menggelar infrastruktur berganda sehingga dapat meningkatkan efisiensi nasional."

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga APJII Tedi Supardi Muslih, lebih lanjut menyampaikan, "Saya telah mendapatkan arahan dari Deputy VII Bidang Komunikasi Informasi dan Aparatur Kemenkopolhukam, Bapak Marsda TNI Agus R. Barnas bahwa kedepannya APJII akan dilibatkan secara penuh dalam Loon Project ini."

Ketum APJII Jamalul Izza menyimpulkan bahwa, "Loon project adalah terobosan luar biasa dan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat apabila seluruh Penyelenggara Jasa Internet dapat menggunakannya untuk memberikan akses Internet ke masing-masing pelanggannya. APJII siap menjadi koordinator bagi 350 anggotanya dalam keikutsertaan ujicoba Loon Project."

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section