1. HOME
  2. DIGITAL
ANDROID

Android N Mulai Diuji Coba, Apa Saja Keunggulannya?

Sistem operasi terbaru milik Google ini memiliki banyak fitur baru untuk para penggunanya.

By Nur Chandra Laksana 11 Maret 2016 17:03
Android N (androidpit.com)

Money.id - Baru beberapa hari yang lalu Google mengumumkan program Android N Beta kepada publik. Namun, program ini masih terbatas kepada para pengguna ponsel pintar milik Google, di antaranya Nexus 6, Nexus 9, Nexus 5X, Nexus 6P, the Nexus Player, dan the Pixel C.

Google mengatakan akan ada banyak fitur baru dan peningkatan kemampuan di dalam sistem operasi (OS). Namun, apa saja fitur dan peningkatan yang ada di dalam OS Android N ini?

Jika Anda penasaran, silakan simak rangkuman apa saja fitur dan peningkatan yang diberikan oleh Google seperti yang kami rangkum dari laman Androidpit berikut ini.

Perubahan menu pengaturan sistem

 

Android N datang dengan tampilan yang bisa dibilang baru. Tampilan yang menganut Hamburger Menu Button (tombol menu yang ditumpuk atau tiga garis menumpuk) ini memang menyerupai tampilan yang ada di Google Play Store.

Namun, tampilan ini paling terlihat jelas saat membuka menu pengaturan sistem. Misalnya, jika pengguna ingin membuka menu Bluetooth. Pengguna hanya tinggal menekan tiga garis yang ada di sebelah atas kiri untuk menemukannya dengan cepat.

Membalas pesan melalui bar notifikasi

Salah satu fitur yang paling mengesankan adalah fungsi baru yang ditanamkan oleh Google, yakni kemampuan untuk membalas sebuah pesan melalui bar notifikasi Android pengguna.

Dengan fitur baru ini, pengguna tidak perlu repot-repot membuka aplikasi pesan singkat untuk membalas pesan. Artinya, membalas pesan akan lebih mudah dan lebih ceapt lagi dari sebelumnya.

 Mode jendela ganda

Seperti yang kita lihat dari perkembangan Android M, pihak Google tengah berupaya sangat keras untuk menyempurnakan dan mencari efisiensi dari sistem multitasking Android. Pihak Google sempat frustasi dan menghilangkan fitur ini di Android M.

Namun, nampaknya Google belum mau menyerah. Dengan pengembangan lebih lanjut, nampaknya mereka siap untuk mengeluarkan fitur ini di Android N.

Seperti gambar di atas, ponsel yang kami lakukan pengetesan mampu menjalankan fitur multitasking dengan cukup baik. Dengan menambahkan atribut baru, yakni ResizableActivity membuat dua aplikasi bisa berjalan bersamaan dengan lancar.

Panel notifikasi baru

Perombakan tampilan juga terlihat dari panel notifikasi. Kini, ikon yang ada di panel notifikasi terlihat sangat menonjol jika dibandingkan dengan OS Android pendahulunya, dan di pojok kanan ada sebuah tombol dropdown untuk mengekspansi panel tersebut.

Terlebih lagi, notifikasi milik Android N ini juga bisa ‘ditumpuk’, di mana fungsi ini bertujuan untuk mengoptimasi ruang yang ada di dalam panel notifikasi yang sudah terbatas.

Mode ‘tidur’ yang makin sempurna

 

Mode penghematan daya dengan metode membuat ‘tidur’ aplikasi yang berjalan semakin sempurna di Android N ini. Dengan metode ini, membuat aplikasi yang sedang berjalan akan masuk ke pisisi ‘tidur’ saat layar mati.

Metode ini memungkinkan OS Android N untuk bekerja lebih sedikit lagi yang memungkinkan untuk menghemat daya lebih jauh lagi.

Meskipun suatu aplikasi sedang berjalan masuk ke mode ini, namun nampaknya notifikasi yang berjalan saat ada pemberitahuan akan terus ditampilkan. (poy)

 

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section