1. HOME
  2. DIGITAL
LUAR ANGKASA

Ajaib, NASA Tangkap Penampakan 'Galaksi Tersenyum'

Pola senyuman itu disebut 'Einstein Ring' oleh para ilmuwan.

By Adhi 8 April 2016 18:34
Galaksu tersenyum 'Einstein Ring' (voanews.com)

Money.id - Luar angkasa beserta isinya memang kerap menghadirkan kejutan bagi umat manusia, dan yang terbaru adalah sekumpulan galaksi yang terlihat sedang tersenyum.

Teleskop luar angkasa milik NASA, Hubble, dilaporkan pernah menangkap pemandangan yang sangat fenomenal pada awal tahun 2015 lalu. Penampakan tersebut berupa galaksi tersenyum yang mirip dengan tampilan emojiĀ 'smiley' yang kerap kita gunakan di aplikasi pesan instan (chatting).

Kumpulan galaksi tersenyum itu mempunyai nama resmi SDSS J1038+4849. Setidaknya ada dua galaksi besar yang membentuk mata dan satu lagi galaksi yang berperan sebagai hidung. Sementara beberapa galaksi lain yang lebih kecil nampak mengelilingi galaksi yang lebih besar.

"Anda bisa melihat dua mata oranye dan hidung putih dari kumpulan galaksi itu," kata perwakilan badan antariksa Eropa (ESA) seperti dikutip dari Daily Mail.

Pola senyuman itu disebut 'Einstein Ring' oleh para ilmuwan, dan terbentuk dari galaksi yang berbentuk melengkung. Kumpulan galaksi atau 'galaxy cluster' sendiri dikenal sebagai struktur 'bangunan' terbesar di alam semesta.

Menurut ilmuwan, kumpulan galaksi juga mempunyai gaya gravitasi super besar yang akhirnya membuat galaksi-galaksi lain disekitarnya tertarik melengkung dan memanjang hingga menjadi Einstein Ring.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section