1. HOME
  2. DIGITAL
INTERNET

95% Pengguna Internet Indonesia Baca Berita Pakai Smartphone

Indonesia merupakan negara mobile first dengan 61% pengguna Internet mengakses Internet melalui perangkat mobile.

By Adhi 4 Agustus 2016 13:37
Ilustrasi pengguna smartphone (pexels.com)

Money.id - Mobilitas tidak dapat dihindarkan di era digital. Perangkat mobile menghubungkan kita dengan segalanya dan menjadi perangkat utama untuk mengakses berbagai konten, termasuk berita, blog, video dan foto.

Survei terbaru dari UC Browser menunjukkan bahwa 95,4% pengguna Internet Indonesia membaca berita dari smartphone, diikuti oleh TV (45.9%), koran/majalah (20.9%), PC (15.3%) dan radio (6.7%).

Pengguna Internet mobile di Indonesia cenderung meninggalkan media konvensional sebagai sumber informasi dan menggunakan Internet sebagai pilihan utama untuk mendapatkan informasi dan hiburan.

Hal ini didukung dengan data dari Aseanup.com yang menyatakan bahwa dan 39% melalui PC. Dalam hal konsumsi media, Indonesia memiliki angka konsumsi media yang tinggi sebesar 540 menit/hari.

Konsumsi media di perangkat mobile mengambil bagian 291 menit/hari, lebih tinggi dari konsumsi media di TV, PC dan laptop.

Data dari UC Browser juga menunjukkan bahwa 75,6% pengguna Internet mobile di Indonesia membaca berita di smartphone lebih dari tiga kali sehari, 11.8% diantaranya 2-3 kali sehari dan 11.1% nya satu kali sehari. Data ini juga menunjukkan bahwa 56.5% pengguna Internet di Indonesia rata-rata membaca 4-12 artikel berita per hari.

Ini menunjukkan bahwa konsumsi konten berita di Indonesia telah memasuki era baru, dari media tradisional ke perangkat mobile. Meningkatnya konsumsi berita tidak hanya meningkatkan permintaan akan konten, tetapi juga menjadi peluang untuk meningkatkan traffic bagi penyedia konten.

Baca juga:

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section