1. HOME
  2. DIGITAL

7 Penampakan Proyek Ambisius Manusia dari Luar Angkasa (Bagian I)

Anda kini bisa menikmati seluruh permukaan bumi di Google Earth View.

By Adhi 23 November 2015 15:01
Google Earth View (hardwarezone.com)

Money.id - Manusia adalah "mahluk kecil" dengan segudang cita-cita dan ambisi yang begitu besar. Manusia seakan tak ada habisnya mewujudkan mimpi mereka untuk mengubah dunia menjadi tempat tinggal yang lebih baik, meski terkadang usaha tersebut justru membawa dunia ke ambang kehancuran.

Arsitektur dan infrastruktur menjadi dua karya masif yang diukirkan manusia pada permukaan bumi.

Bila ingin melihat jejak kedigdayaan manusia, Anda kini tak perlu menghabiskan banyak uang dan waktu untuk berkeliling dunia. Sebab, Anda kini bisa menikmati seluruh permukaan bumi di Google Earth View.

Ya, Earth View adalah versi penyempurnaan dari layanan citra satelit Google Earth. Hasil-hasil fotografi satelit di Earth View sudah mendapatkan peningkatan detail warna dan bisa diunduh bagi para penikmatnya.

Melalui Earth View, kita bisa melihat sejumlah proyek arsitektur dan infrastruktur ambisius yang tersebar di berbagai negara. Beberapa di antaranya bahkan menghadirkan penampakan luar biasa yang mencengangkan.

Anda tidak percaya? Berikut 7 citra satelit proyek ambisius manusia di berbagai penjuru dunia seperti yang telah dirangkum laman BBC.

1. Sistem irigasi di Al-Jawf, Libya

(Google Earth View)

Al-Jawf adalah sebuah kota di Libya yang tak bisa lepas dari sistem irigasi air bersih yang mereka ciptakan. Uniknya, sistem irigasi tersebut dibangun di titik lokasi oase terbesar yang berada di salah satu gurun terganas di dunia, Sahara.

Sistem irigasi yang mereka bangun berbentuk heksagon dengan masing-masing diameter lebih dari 1 km.

Pemandangan sistem irigasi yang diambil dari satelit ini begitu menakjubkan dan "tidak biasa" di mata kebanyakan orang.

2. Stasiun solar power (tenaga surya) di Solnova, Spanyol

(Google Earth View)

Stasiun tenaga surya yang berada di Solnova, Spanyol ini diklaim sebagai yang terluas di Eropa. Jajaran penel surya (deretan cermin) ini terbagi ke dalam 5 unit yang masing-masing menghabiskan lahan sekitar 300.000 meter persegi.

Stasiun tenaga surya ini bertindak sebagai pembangkit listrik yang mampu memasok hingga 250 mW untuk dinikmati oleh 150.000 rumah di Spanyol.

3. Maatschap Europoort Terminal di Rotterdam, Belanda

(Google Earth View)

Maatschap Europoort Terminal (MET) yang berlokasi di pelabuhan Rotterdam, Belanda, berfungsi sebagai tempat penampungan minyak mentah.

Terminal yang berada di lokasi seluas 1,6 juta meter persegi ini terdiri dari 21 tanki berbentuk potong dadu. Penampakannya dari luar angkasa begitu unik dan menakjubkan.

Sebagi informasi, minyak mentah yang ditampung di MET merupakan pasokan cadangan minyak terbesar yang akan didistribusikan ke seluruh daratan Eropa. (poy)

 

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section