1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

6 Perempuan ini Tak Kalah Canggih dari Steve Jobs

Orang-orang yang lebih dulu bekerja keras untuk mewujudkan ekosistem dunia modern.

By Adhi 28 September 2015 07:05
Para wanita di balik proyek ENIAC (Digital Trends)

Money.id - Jika kita berbicara soal industri teknologi, pastinya tidak bisa lepas dari nama-nama seperti Steve Jobs (co-founder Apple), Bill Gates (co-founder Microsoft), atau yang terkini Mark Zuckerberg (CEO Facebook).

Inovasi dan kreativitas yang dihadirkan ketiganya memang patut diacungi jempol. Namun tahukah Anda, jauh sebelum era Jobs, Gates maupun Zuckerberg, sudah ada loh orang-orang yang lebih dulu bekerja keras untuk mewujudkan ekosistem dunia modern.

Mereka adalah  Fran Bilas, Betty Jennings, Ruth Lichterman, Kay McNulty, Betty Snyder dan Marlyn Wescoff. Dan, keenam orang tersebut adalah perempuan.

Pada 1940-an, mereka terlibat di dalam proyek ENIAC atau Electronic Numerical Integrator And Computer. Apa itu ENIAC?

ENIAC adalah komputer digital pertama di dunia. Awalnya, ENIAC didesain dan dimanfaatkan untuk menghitung tabel artileri tembak di Laboratorium Penelitian Balistik Angkatan Darat Amerika Serikat. ENIAC juga sempat digunakan untuk proses pengembangan dan uji kelayakan senjata rahasia AS, yakni bom hidrogen.

Saat pertama kali diumumkan pada publik di tahun 1946, ENIAC dimitoskan sebagai "otak raksasa". Kehadirannya menjadi mesin berteknologi mdoern pertama dan memiliki perfotma seribu kali lebih cepat dibanding mesin elektro-mekanis manapun di masa itu.

ENIAC juga menjadi cikal bakal pengembangan bahasa pemrograman. Hasilnya, kemampuan komputasi ENIAC yang serba guna mampu memukau para ilmuwan dan pelaku industri.

Meski ENIAC merengkuh kesuksesan, ironisnya, kisah dan andil keenam perempuan yang terlibat tidak pernah benar-benar terpublikasi secara luas. Untuk mengenal mereka lebih jauh, berikut informasi yang berhasil dirangkum laman Digital Trends:

1. Fran Bilas
Dikenal juga dengan nama Frances Spence, Bilas berasal dari Philadelphia. Ia sempat mengais ilmu di Temple University, lalu pindah ke Chestnut Hill College setelah mendapatkan beasiswa di sana. Jurusan yang ia ambil adalah matematika dan fisika. Ia meninggal dunia pada 18 Juli 2012 lalu di usianya yang ke-90.

2. Betty Jennings
Betty Jennings adalah salah satu ahli komputer yang menggagas proyek ENIAC. Setelah lulus kuliah di jurusan matematika, ia bekerja di University of Pennsylvania dan akhirnya memiliki koneksi pemerintah AS, khususnya dengan Pentagon.

3. Ruth Lichterman
Ruth Lichterman merupakan lulusan sarjana matematika dari Hunter College. Ia meninggal di Dallas, Texas pada tahun 1986. Ia bertugas melatih kelompok pemrogram baru di proyek ENIAC.

4. Kay McNulty
Di antara keenam pemrogram ENIAC, Kay McNulty merupakan sosok yang paling menggilai matematika, ilmu yang sangat diperlukan dalam dunia pemrograman. Bagaimana tidak, selama tahun ketiga kuliahnya, ia selalu mengambil mata kuliah matematika yang ditawarkan di kampusnya, Chestnut Hill College.

Namun malang, ia harus berjuang keras melawan penyakit Parkinson yang menyerangnya. Ia meninggal di Wyndmoor, Pennyslvania, pada usia 85 tahun karena penyakit kanker.

5. Betty Synder
Siapa sangka, wanita dengan latar belakang akademis di bidang jurnalisme ini terpilih sebagai salah satu dari enam wanita yang memprogram ENIAC. Kemudian, pada tahun 1953 ia menjadi pengawas pemprograman lanjutan di Laboratorium Matematika Terapan Angkatan Laut Amerika Serikat di Maryland, di mana dia tinggal sampai 1966.

6. Marlyn Wescoff
Berbeda dengan kelima rekan satu timnya, Marlyn Wescoff mengundurkan diri dari tim pemrogram ENIAC pada tahun 1947. Saat itu ia memutuskan untuk menikah, sebelum ENIAC direlokasi ke Aberdeen Proving Ground. (ita)

(im/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section