1. HOME
  2. DIGITAL
APLIKASI SMARTPHONE

5 Aplikasi yang Wajib Dimiliki 'Jakartans'

Kelima aplikasi tersebut ada yang memang milik Pemprov Jakarta, namun ada pula yang dikembangkan dengan konsep kemitraan.

By Adhi 27 Mei 2016 14:04
Jakarta Smart City

Money.id - Seiring dengan perkembangan dunia digital, saat ini sejumlah pemerintah daerah telah mulai memfasilitasi masyarakatnya dengan sarana teknologi. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta contohnya. Terhitung sudah ada lima aplikasi yang disediakan oleh Pemprov Jakarta untuk memudahkan warganya.

Kelima aplikasi tersebut ada yang memang milik pemerintah, namun ada pula yang dikembangkan dengan konsep kemitraan dengan Pemprov Jakarta. 

Dengan mengunduh dan memanfaatkan aplikasi-aplikasi ini, tentunya masyarakat dapat membantu pemerintah dalam membangun kota Jakarta menjadi lebih baik. Berikut kelima aplikasi tersebut:

1. LAPOR!

LAPOR! atau singkatan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat, adalah aplikasi berbasis media sosial yang merupakan sarana untuk aspirasi dan pengaduan oleh masyarakat mengenai masalah yang terjadi. Aplikasi ini dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden dan telah bekerjasama dengan 81 kementrian/lembaga, lima Pemerintah Daerah, serta 44 BUMN di Indonesia.

2. Qlue

Kalau sebelumnya CROP lebih difokuskan untuk para aparat DKI Jakarta, Qlue hadir sebagai wadah pengaduan untuk masyarakat DKI Jakarta. Qlue berbasis media sosial dimana masyarakat dapat saling follow. Dan sama seperti LAPOR! dan CROP, aplikasi ini juga digunakan sebagai sarana untuk melaporkan kejadian atau permasalahan yang sedang terjadi di sekitar dengan berbagai topik yang tersedia serta terbagi menjadi dua fokus yaitu pemerintahan dan bisnis.

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini.

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section