1. HOME
  2. DIGITAL

5 Antivirus Gratis untuk Lindungi PC Anda

Saat ini telah banyak tersedia berbagai macam software antivirus yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.

By Adhi 21 Oktober 2015 09:04
Ilustrasi (ultimatetech.co.uk)

Money.id - Virus dan malware masih menjadi momok utama bagi para pengguna personal computer (PC). Sekali kena, sulit mencari jalan keluar. 

Dengan dukungan koneksi internet, berbagai jenis virus dan malware tersebut dapat berkembang dengan sangat cepat. Para penjahat cyber pun bisa leluasa menyebarkan virus dan malware itu dengan modus operandi yang semakin beragam.

Tapi, Anda tak perlu khawatir. Kini telah banyak software antivirus yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma. Berikut daftarnya:

1. Avast! Free Antivirus

Avast yang telah dikembangkan sejak 1988, merupakan salah satu program antivirus yang paling banyak digunakan oleh para pemilik PC. Proses instalasi antivirus ini pun cukup mudah, tampilannya juga mudah dimengerti dan navigasinya mudah.

Avast juga memiliki beberapa fitur unggulan seperti boot-time scan. Program akan membersihkan malware sebelum Windows melakukan proses booting. Avast juga cukup baik dalam memblokir alamat situs yang mencurigakan, menghentikan spam email, serta menghapus toolbar yang tidak diinginkan pada browser.

2. AVG Free AntiVirus

AVG Antivirus dapat dikatakan sebagai salah satu antivirus terbaik bagi perangkat PC. Selain melindungi PC secara efektif dari segala virus dan malware, AVG juga dapat dimanfaatkan untuk scanning email dan alamat situs yang mencurigakan, sehingga Anda terbebas dari virus selama 'berselancar' di dunia maya.

Sayangnya, banyak pengguna yang merasa kesulitan dalam menavigasi AVG. Sebab, AVG memang hadir dengan tampilan yang cukup kompleks.

3. Avira Free AntiVirus

Untuk melindungi PC dari serangan virus dan malware, Avira merupakan salah satu antivirus terkuat dan terpopuler di kelasnya. Avira cukup mudah untuk dioperasikan.

Antivirus ini memiliki kemampuan mumpuni dalam memblokir malware yang menyerang. Selain itu, Avira juga dibekali fitur toolbar browser untuk pengamanan selama Anda 'menjelajah' di dunia maya.

4. Comodo Free Antivirus

Comodo Antivirus merupakan salah satu alternatif antivirus gratis yang memiliki performa cukup baik dalam menghalau serangan malware. Walau versi gratisnya tidak memiliki fitur selengkap versi berbayar, tetapi Comodo Antivirus versi gratis ini dipercaya masih mampu untuk melakukan pemindaian yang cukup teliti.

5. Malwarebytes Anti-Malware Free

Malwarebytes versi gratis mampu melakukan scanning secara menyeluruh dengan hasil yang baik, yaitu mendeteksi dan menghapus malware pada PC. Namun, dalam versi gratisnya ini tidak dibekali fitur real-time protection, seperti antivirus lainnya.

Namun jika Anda rajin scanning virus pada PC, antivirus yang satu ini cukup untuk menjadi pelindung PC Anda. (ita)

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section