1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTPHONE

4 Hal yang 'Haram' Anda Lakukan Saat Nge-charge Smartphone

Faktanya, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan saat melakukan proses isi ulang daya baterai smartphone.

By Adhi 31 Mei 2016 10:08
Ilustrasi (digitaltrends.com)

Money.id - Charge, atau isi ulang daya baterai smartphone adalah momen yang sangat dibutuhkan bagi para pengguna. Tanpa daya baterai yang terisi, berbagai fitur canggih yang ada pada smartphone Anda tidak ada gunanya.

Namun begitu, faktanya ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan saat melakukan proses isi ulang daya baterai smartphone. Tidak hanya sembarang colok ke pusat daya dan selesai.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa hal yang patut Anda perhatikan saat men-charge smartphone:

1. Jangan tunggu hingga 0%

Setiap baterai memiliki batasan charge cycle atau maksimal berapa kali charge hingga performanya menurun. Jika kamu menggunakan smartphone kamu hingga baterainya 0% maka kemungkinan akan menurunkan performanya.

Pada sebuah tes didapatkan bahwa rata-rata charge cycle sebuah baterai sekitar 1.000 hingga 2.500 dalam keadaan setiap kali charge pada posisi kapasitas daya baterai tersisa 25%.

Tetapi, ketika sisa baterai 0%, maka charge cycle hanya akan tersisa sekitar 300 - 500 saja. Jadi sebaiknya ketika sudah 30% langsung charge baterai smartphone kamu.

2. Jangan charge semalaman

Biasanya banyak dari kita yang men-charge smartphone pada malam hari, lalu tidur sambil charge hp-nya sehingga ketika bangun pagi maka bisa digunakan kembali. Dengan melakukan charge semalaman maka baterai bisa kelebihan kapasitas dan bahkan beberapa kejadian bisa menimbulkan panas dan ledakan.

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section